Bola Internasional

Susul Luis Milla, Pep Guardiola Tertantang Tangani Timnas?

Kamis, 22 November 2018 12:06 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Pep Guardiola, pelatih Manchester City. Copyright: © Getty Images
Pep Guardiola, pelatih Manchester City.

INDOSPORT.COM - Timnas Bola Indonesia dipastikan tersingkir di fase grup Piala AFF 2018, usai mengalami dua kekalahan melawan Singapura dan Thailand, dan hanya mengemas kemenangan atas Timor Leste dari tiga laga awal babak penyisihan Grup B.

Kegagalan ini membuat penggemar sepak bola Indonesia merindukan sosok pelatih asing asal Spanyol yang sebelumnya menangani Timnas Indonesia, Luis Milla Aspas.

Hanya saja eks penggawa Barcelona dan Real Madrid tersebut memutuskan untuk menolak tawaran perpanjangan kontrak oleh PSSI (induk tertinggi bola Indonesia) sebelum Piala AFF 2018 berlangsung.

Tak hanya Luis Milla, eks penggawa Barcelona lainnya yang tertantang untuk menjadi pelatih sebuah tim nasional adalah Josep ‘Pep’ Guardiola. Keinginan ini ia sampaikan saat menghadiri acara di University of Liverpool.

“Saya ingin menjadi manajer internasional dalam sebuah tim nasional sepak bola. Saya menginginkan itu, ya,” ungkap Pep Guardiola sebagaimana dilansir dari laman berita olahraga SkySports.

Keinginan ini diperkuat karena Guardiola merasa melatih sebuah klub yang bermain di Liga harus mengikuti jadwal padat klub hingg menyita waktu bersantainya.

“Itu akan terjadi (menjadi pelatih Timnas) karena setiap tiga hari sekali saya ingin terlibat melatih tapi lebih tenang, lebih sering bermain golf, sekarang saya tak punya waktu untuk itu,” tambahnya.

Tak sekadar isapan jempol belaka, pelatih berusia 47 tahun tersebut rupanya memastikan jika ia akan menjadi seorang pelatih Timnas, bagi negara mana pun yang menginginkannya dan mencapai kesepakatan dengan pelatih yang saat ini menukangi klub sepak bola Manchester City tersebut.

“Cepat atau lambat itu akan terjadi, jika saya punya kesempatan bersama sebuah tim nasional,  mereka hanya perlu mengetuk pintu saya,” tutupnya.

Pep Guardiola sendiri sukses mengantarkan Blaugrana meraih treble winner di musim awal kepelatihannya menukangi Barcelona. Terakhir, ia juga memboyong trofi Liga Premier Inggris untuk Manchester City.

Penulis: Martini.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM