Bola Internasional

3 Aksi Comeback Brilian Timnas Indonesia di Perhelatan Piala AFF

Jumat, 23 November 2018 16:00 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
LA: Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas, dan Stefano Lilipaly Copyright: © INDOSPORT
LA: Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas, dan Stefano Lilipaly

INDOSPORT.COM - Timnas sepak  bola Indonesia akan menjalani pertarungan terakhir di turnamen sepak bola Piala AFF 2018 saat menghadapi Filipina pada Minggu (25/11/18) mendatang.

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018 memang sudah pupus dan hanya bisa berbicara banyak di fase penyisihan Grup B, setelah di laga lainnya Filipina menahan imbang Thailand dan berefek pada perolehan poin yang sudah tidak bisa dikejar.

Meski Timnas Indonesia didera keterpurukan dalam Piala AFF 2018, namun Skuat Garuda bukanlah tim yang lantas bias disepelekan dalam sejarah panjang perhelatan Piala AFF.

Terlebih Timnas Indonesia sudah dikenal sebagai kesebelasan yang pantang mengenal menyerah dan membuat banyak pihak terkejut.

Contohnya saat Piala AFF 2016 lalu, di mana Timnas Indonesia yang tak diunggulkan mampu lolos dari penyisihan grup. Padahal, mereka memulai dua laga sepak bola awal dengan kekalahan dan hasil imbang.

Hal itu bisa dikatakan aksi come back yang sangat baik bagi Timnas Indonesia. Karena Timnas Indonesia sukses melaju hingga ke final.

Timnas Indonesia sendiri memang sudah tak asing dengan aksi come back. Terbaru, mereka sukses melakukannya saat laga kontra Timor Leste di Piala AFF 2018.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT telah merangkum 3 aksi come back memukau Timnas Indonesia di saat mengarungi kompetisi Piala AFF.

1. Timnas Indonesia vs Malaysia (Piala AFF 2010)

Timnas Indonesia memulai pertandingan begitu buruk saat menghadapi Malaysia di laga pembuka Piala AFF 2010 silam. Karena Skuat Garuda harus kebobolan lebih dulu pada menit ke-18 lewat gol Norshahrul Idlan.

Namun secara mengejutkan Timnas Indonesia mampu menunjukkan mental bajanya dengan mengakhiri laga dengan kemenangan 5-1 atas Malaysia. Lima gol itu disarangkan lewat gol bunuh diri Asraruddin, Critsian Gonzales, M. Ridwan, Arif Suyono, dan Irfan Bachdim.

Aksi come back atas Malaysia ini juga berlanjut ketika keduanya bertemu di leg kedua final Piala AFF 2010. Tim Garuda mampu menang di laga itu dengan skor 2-1, meski tertinggal lebih dulu lewat gol Safee Sali.

2. Timnas Indonesia vs Thailand (Piala AFF 2010 dan 2016)

Saat menghadapi tim sekaliber Thailand di Piala AFF pun Timnas Indonesia mampu melakukan aksi come back. Hebatnya, Timnas Indonesia mampu melakukannya sebanyak dua kali. Itu terjadi pada Piala AFF 2010 dan 2016 lalu.

Pada Piala AFF 2010 silam, Timnas Indonesia harus kebobolan lebih dulu lewat kreasi Suree Sukha pada menit ke-69. Namun Bambang Pamungkas secara mengejutkan mencetak dua gol di penghujung laga sepak bola, yang membuat Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1.

Peluang Timnas Indonesia untuk menjuarai Piala AFF 2016 terbuka lebar usai menang 2-1 atas Thailand di leg pertama partai puncak. Menariknya, saat itu Tim Garuda tertinggal lebih dulu lewat gol Teerasil Dangda di babak pertama.

Teerasil mencetak gol terlebih dulu pada menit ke-33, dan kemudian Timnas Merah Putih membalikkan keadaan menjadi 2-1 melalui gol dari Rizky Pora dan Hansamu Yama pada menit ke-65 dan 70.

3. Timnas Indonesia vs Singapura (Piala AFF 2016)

Sebelum dikalahkan di laga perdana Piala AFF 2018, nyatanya Timnas Indonesia pernah melakukan aksi come back saat menghadapi Singapura pada musim lalu. Itu terjadi saat keduanya bertemu di babak penyisihan grup Piala AFF 2016.

Bermain di Rizal Memorial Stadium tersebut, Singapura sukses mencetak gol pembuka pada menit ke-27 lewat kreasi Khairul Amri. Namun semangat juang Timnas Indonesia tak berhenti sampai di situ.

Mereka mampu mencetak dua gol balasan di babak kedua melalui aksi Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly. Kemenangan 2-1 atas Singapura itu pun membuat Timnas Indonesia berhak mendapatkan satu tiket di semifinal turnamen sepak bola Piala AFF 2016.

Sponsored by: LAZone

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

132