In-depth

Diduga Dalang Match Fixing Sepak Bola Nasional, Siapakah Vigit Waluyo?

Kamis, 29 November 2018 07:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tiba-tiba saja nama pengelola PS Mojokerto Putra, Vigit Waluyo, menggema ke permukaan publik usai disebut oleh mantan runner pengaturan skor sepak bola Indonesia, Bambang Suryo.

Lantas siapakah sosok Vigit Waluyo yang diduga merupakan dalang match fixing alias pengaturan skor sepak bola Tanah Air?

Bambang menyebutkan kalau Vigit Waluyo adalah salah satu sosok yang aktif dalam praktik jual beli pertandingan di dunia sepak bola Indonesia.

"Saya sebutkan salah satu nama yang saya bilang sontoloyo tadi itu Vigit Waluyo," kata Bambang Suryo dalam program acara Mata Najwa Trans 7, Rabu (28/11/18) malam.

Menurut Bambang, mekanisme Vigit Waluyo dalam mempermainkan pertandingan sepak bola adalah di mana bandar dari bet364 (situs judi sepak bola) menghubungi langsung Vigit. Lalu terjadi pertemuan dan akhirnya laga sesuai harapan.

Di sisi lain, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini juga menanggapi argumen dari Bambang Suryo yang menyebutkan kalau Vigit Waluyo adalah dedengkot praktik match fixing di sepak bola nasional. 

"Semua stakeholder sepak bola pasti tahu Vigit Waluyo," jelas Fakhri tanpa ragu.

Vigit Waluyo diduga menjadi aktor yang membuat citra sepak bola nasional semakin buruk akibat pengaturan skor (match fixing) yang dilakukannya. 

Lantas, siapakah sebenarnya Vigit Waluyo? Bagaimana rekam jejaknya hingga akhirnya namanya dicatut sebagai salah satu pemain utama pengaturan skor di sepak bola nasional? 

Berikut ini INDOSPORT menelusuri sosok Vigit Waluyo, seorang yang dituding terlibat dalam banyak pengaturan skor di pertandingan sepak bola Indonesia.

1.2K