Liga Spanyol

Lionel Messi Hanya Kalah Produktivitas Gol dari Pele

Jumat, 30 November 2018 21:16 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Lionel Messi, megabintang Barcelona. Copyright: © INDOSPORT
Lionel Messi, megabintang Barcelona.

INDOSPORT.COMLionel Messi mencetak satu gol saat Barcelona menang atas PSV Eindhoven di Liga Champions Kamis kemarin. Gol tersebut membuat La Pulga semakin dekat dengan torehan gol legenda Brasil, Pele.

Golnya ke gawang PSV membuat Messi total telah mencetak 567 gol selama berseragam Barcelona. Menurut Marca, torehan tersebut telah menyamai jumlah yang dicetak oleh Gerd Muller saat masih membela Bayern Munchen.

Kini hanya Pele yang mempunyai catatan gol lebih baik dari Messi dalam urusan mencetak gol untuk satu tim saja. Selama 18 tahun berseragam Santos FC –dari 1957-1975, Pele mampu mencetak 643 gol.

Namun, Messi hanya terpaut 76 gol dari pemain yang pernah membawa Brasil meraih tiga kali Piala Dunia itu. Dengan usia yang masih 31 tahun, bukan tidak mungkin Messi bisa menyamai bahkan melampaui torehan gol tersebut.

Dalam tiga musim terakhir, Messi mampu mencetak rata-rata 46 gol per musim. Jika produktivitasnya tetap konsisten, Messi hanya butuh waktu dua musim untuk melewati rekor gol Pele.

Musim ini kepiawaian Messi dalam mencetak gol juga tak menunjukkan penurunan. Ia berhasil melesatkan 15 gol dari 15 laganya di semua ajang.

Selain itu, Messi juga telah mengungguli Cristiano dalam urusan mencetak gol untuk datu tim di Liga Champions. Ronaldo memang telah mencetak 120 gol di kompetisi antar klub-klub top Eropa tersebut.

Namun jumlah itu diraihnya dari membela empat tim; Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Sementara Messi mencetak 106 gol di Liga Champions hanya berseragam Barcelona.

Terus Ikuti Perkembangan Liga Spanyol  dan Berita Sepak Bola Lainnya di INDOSPORT