Bola Internasional

Final Copa Libertadores Beri Keuntungan Rp420 Miliar untuk Madrid

Rabu, 5 Desember 2018 12:58 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Papan skor pertandingan final Copa Libertadores: River Plate vs Boca Juniors Copyright: © Getty Images
Papan skor pertandingan final Copa Libertadores: River Plate vs Boca Juniors

INDOSPORT.COM – Final turnamen sepak bola Copa Libertadores antara Boca Juniors vs River Plate resmi digelar di Stadion Bernabeu pada Minggu (10/12/18) mendatang, ternyata memberikan dampak dan keuntungan besar bagi kota Madrid.

Seorang ahli ekonomi Spanyol, Jaime Fortuño, memprediksi bahwa Madrid akan mendapatkan keuntungan sebesar 25 juta euro (Rp420 miliar), disadur dari laman berita olahraga AS Sports.

Dari angka fantastis tersebut, 50 persen akan masuk ke aspek akomodasi seperti hotel dan 20 persen akan di dapat dari restoran, serta 10 persen dari segi berbelanja. Sisanya akan diperoleh dari perusahaan yang memiliki kontribusi besar dalam laga ini.

© EITAN ABRAMOVICH/AFP/Getty Images
Pemain River Plate berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Boca Juniors. Copyright: EITAN ABRAMOVICH/AFP/Getty ImagesPemain River Plate berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Boca Juniors.

"Jika kita melihatnya dari sudut pandang ekonomi, acara ini adalah kesempatan yang baik untuk kota dan negara Spanyol," kata Fortuno.

Namun, terlepas dari kenyataan bahwa Madrid terbiasa menyelenggarakan acara-acara besar, turnamen ini dapat membawa risiko tertentu mengingat kekerasan di leg pertama final sepak bola Copa Libertadores yang penuh kericuhan.

"Madrid juga mengeluarkan dana besar untuk menerjunkan lebih dari 2 ribu petugas polisi. Dan pertanyaannya adalah, siapa yang akan membayar semua ini? Haruskah negara membayar untuk ini atau apakah harus diselesaikan dengan pembayaran bersama dari negara lain?” tambahnya.

Sebelumnya Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) merencanakan leg kedua digelar di Qatar, namun keputusan berubah dan laga final akan digelar di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM