Bola Internasional

Dikira Imigran Ilegal, FIFA Bantu Pesepak Bola yang Terancam Disiksa

Jumat, 7 Desember 2018 13:17 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FIA Sport
Pesepak bola asal Bahrain, Hakeem Alaraibi. Copyright: © FIA Sport
Pesepak bola asal Bahrain, Hakeem Alaraibi.

INDOSPORT.COM - FIFA ikut turun tangan membantu pembebasan seorang pemain sepak bola yang diamankan pihak imigrasi Bangkok beberapa waktu lalu.

Hakeem Al Alraibi, mengungsi dari negara asalnya, Bahrain, lantaran terlibat dalam sebuah aksi kerusuhan dan unjuk rasa.

Setelah menjalani sidang, dia mendapat status pengungsi di Australia. Namun sayang, ketika sedang bepergian ke Thailand, ia malah ditangkap dan kini terancam dideportasi ke Bahrain.

Kabar ini pun sudah sampai ke telinga FIFA yang tidak mau berpangku tangan begitu saja karena hak kemanusiaan Alraibi adalah taruhannya.

Pesepak bola tersebut telah memohon dengan sangat untuk tidak dikembalikan ke Bahrain karena kemungkinan besar ia akan disiksa di sana.

Diberitakan SBS News, FIFA menyatakan bahwa pihaknya ingin Alraibi segera dibebaskan dan dibiarkan kembali ke Australia.

Mereka juga meminta segenap pihak yang berkapasitas dalam kasus ini untuk membantu, termasuk para pengurus Federasi Sepak Bola Australia.

Mereka juga berharap masalah ini dapat diselesaikan dan dicarikan solusi secepatnya berdasarkan standar-standar dan peraturan-peraturan internasional yang telah ditetapkan, namun di sisi lain tidak mengesampingkan faktor kemanusiaan.

Alraibi sendiri memang diketahui telah mengirim permohonan kepada pimpinan FIFA, Giann Infantino, untuk menyelamatkan dirinya. Permohonan tersebut disampaikan melalui sebuah grup advokasi, Human Rights Watch.

Dukungan untuk Alraibi pun masih mengalir hingga saat ini. Tagar #SaveHakeem pun terlihat di sejumlah jejaring media sosial.

Bahkan, beberapa pendukung pun berencana melakukan aksi protes di Konsulat Thailand di Melbourne dan Sydney, Jumat (07/12/18) hari ini.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT