Bola Internasional

Piala AFF: Kontroversi, Wasit Malaysia vs Vietnam Pernah Dimaki Cahill

Rabu, 12 Desember 2018 13:42 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© zing.vn
Wasit asal Australia, Chris Beath saat berargumen dengan Tim Cahill. Copyright: © zing.vn
Wasit asal Australia, Chris Beath saat berargumen dengan Tim Cahill.

INDOSPORT.COM - Wasit sepak bola asal Australia, Chris Beath, mendapat sorotan dari penggemar sepak bola Vietnam setelah pertandingan leg pertama final Piala AFF 2018 antara Malaysia vs Vietnam dinilai kurang fair play.

Chris Beath dianggap sebagai salah satu sebab di balik hasil imbang 2-2 yang diraih Vietnam atas Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Selasa (12/12/18) kemarin. Media Vietnam yang geram pun membuka 'aib' wasit 34 tahun itu yang mana di masa lalu.

Menurut portal berita olahraga Bongda via Zing.vn, Chris Beath memiliki citra buruk di Australia. Pada 2015, ia bahkan sempat dilarang memimpin pertandingan lagi oleh presiden Sydney FC, Tony Pignata.

"Kami meminta Asosiasi Sepakbola Australia untuk bertindak dengan Chris Beath. Dia memiliki cara mengoperasikan permainan yang tidak dapat diterima," kata Tony setelah timnya menelan kekalahan di Derbi Australia.

Dua tahun kemudian, wasit Chris Beath kembali berada di pusat kritik setelah memimpin derby Melbourne antara Melbourne Victory dan Melbourne City.

Keputusan Chris Beath membuat mantan pemain Everton, Tim Cahill, yang berada di kubu Melbourne City berkata kasar sebelum akhirnya dikartu merah.

Sementara itu, pada leg kedua final Piala AFF 2018 yang akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Chris Beath tak akan digunakan lagi. Menurut media Iran, laga itu akan dipimpin oleh eks wasit Piala Dunia 2018, Alireza Faghani.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT