Liga Inggris

Gundogan Juga Terluka dengan Insiden Rasisme dalam Sepak Bola

Jumat, 14 Desember 2018 13:03 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Ilkay Gundogan dan Raheem Sterling melakukan selebrasi bersama Fabian Delph. Copyright: © Getty Images
Ilkay Gundogan dan Raheem Sterling melakukan selebrasi bersama Fabian Delph.

INDOSPORT.COM - Ilkay Gundogan mendukung segala bentuk aksi melawan tindakan rasisme dalam sepak bola, terlebih lagi di Liga Primer Inggris, menyusul kejadian yang sempat menimpa rekan setimnya di Manchester City, Raheem Sterling.

Sterling diduga mendapat ejekan bernada rasisme saat pertandingan melawan Chelsea beberapa waktu lalu. Meski pelaku mengatakan bahwa ia tidak mengeluarkan kata-kata berbau rasial kepada Sterling, kejadian tersebut sudah terlanjur menjadi topik utama yang dibicarakan publik Liga Primer Inggris dan dunia.

Gundogan pun merasa simpati dengan Sterling lantaran ia juga pernah mendapat perlakuan serupa di Jerman karena darah Turki yang mengalir di tubuhnya. Namun menurutnya, satu-satunya hal untuk membungkam sebuah ejekan adalah menunjukkan prestasi maksimal di bidang yang digeluti.

“Tentu saja itu (rasisme) adalah hal yang harus kita perangi. Kita semua harus memainkan peran masing-masing untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi semua. Kita harus menghadapinya,”kata Gundogan, seperti dikutip dari BT Sport.

“Saya tahu rasanya dan saya pun juga terluka. Akan tetapi, kami tidak punya pilihan lain kecuali tetap kuat dan melalui masa-masa itu. Mencoba untuk melakukan yang terbaik di lapangan dan menjadi sukses. Itu adalah hal yang terpenting,” katanya lagi.

Gundogan sadar betul bahwa bermain di Liga Primer Inggris merupakan sebuah tantangan berat. Ia pun mengaku bangga dengan apa yang telah dilakukan Sterling sejauh ini dalam menghadapi masalahnya.

“Dia normal-normal saja. Saya rasa dia telah membuat segalanya jelas mungkin lewat Instagram dan pernyataan-pernyataannya. Hal ini tidak selayaknya terjadi tapi kenyataannya tidak demikian.”

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT