Liga Indonesia

Penyangga Dilepas, Bagaimana Keamanan Atap Stadion Barombong

Jumat, 14 Desember 2018 15:13 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Tribun Makassar
Pembangunan Stadion Barombong. Copyright: © Tribun Makassar
Pembangunan Stadion Barombong.

INDOSPORT.COM - Progres pembangunan Stadion Internasional Barombong memasuki tahap final untuk pemasangan atap. Tiang-tiang penyangga atap yang selama ini mengganggu pemandangan mulai dilepas.

Tiang penyangga atap memang tidak temasuk dalam rencana awal pembangunan Stadion Barombong. Melainkan hanya bagian dari metode kerja pelaksana proyek.

Oleh karena itu, PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dan Kontraktor pelaksana perlahan mulai mencopot sekitar 40 tiang penyangga atap stadion berkapasitas 45.000 penonton tersebut.

"Jumlahnya 40 tiang, ya mungkin sekitar 5 hari pengerjaan. Caranya dengan manual," ujar ketua PPK Stadion Barombong, Muhlis Mallajarengg saat ditemui, Kamis (13/12/18).

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari proses serah terima pertama antara kontraktor pelaksana dan Pejabat Pembuat Komitmen atau lumrah disebut PHO.

Jika sudah berakhir masa pemeliharaan selama enam bulan, maka dilakukan Final Hand Over ( FHO ) atau serah terima akhir.

"PHO sudah berjalan sejak 3 Desemeber hingga hari ini. Secara fisik, mutu, dan administrasi sudah memenuhi 100 persen. Tapi kedepannya masih ada masa pemeliharaan selama enam bulan, sesuai dalam kontrak," jelas Muhlis.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%