Bola Internasional

Terkuak! Rusia Pernah Gagalkan Aksi Teror Drone di Piala Dunia 2018 Lalu

Minggu, 16 Desember 2018 15:36 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Zabivaka, maskot Piala Dunia 2018 yang dipajang di depan Fisht Stadium, Rusia. Copyright: © Getty Images
Zabivaka, maskot Piala Dunia 2018 yang dipajang di depan Fisht Stadium, Rusia.

INDOSPORT.COM - Direktur Layanan Keamanan Federal Rusia, Alexander Bortnikov, mengatakan bahwa pihaknya berhasil menggagalkan aksi teror menggunakan drone saat Piala Dunia 2018 lalu.

Hal tersebut disampaikan dalam sebuah rapat pada hari Rabu (07/11/18), seperti dilansir dari portal berita olahraga, Mirror Sports.

Apa yang diungkapkan Bortnikov kemudian dibenarkan Sekretaris Dewan Keamanan, Nikolai Patrushev, sambil menggarisbawahi kerja sama apik antara pihak tuan rumah dan sejumlah kolega internasional dalam menjaga keamanan selama turnamen berlangsung.

“Ini adalah salah satu contoh kerja sama internasional saat Piala Dunia Rusia tahun ini. Dengan bekerja bersama, serangan-serangan teroris dapat dihindari,” ucap Patrushev.

Sementara itu, Bortnikov mengatakan bahwa serangan udara menggunakan drone sudah cukup sering terjadi di Rusia.

Bukan hanya saat Piala Dunia, sejumlah persiapan acara-acara penting pun juga kerap terganggu akibat ulah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Rusia sendiri telah memperketat aturan penggunaan kendaraan dan drone sejak Juni 2016 lalu. Dengan melakukan kontrol yang terukur, tingkat teror dan kejahatan menggunakan alat nan canggih tersebut bisa diminimalkan.

“Menurut kami, untuk menghindari dan menetralkan ancaman seperti ini, harus segera ada pengembangan terkait aturan penggunaan drone,” kata Bortnikov kembali meminta kerja sama pihak-pihak terkait.

Perhelatan Piala Dunia 2018 sendiri memang menjadi salah satu agenda Presiden Vladimir Putin dalam rangka mengubah sejumlah pandangan negatif orang-orang tentang Rusia.

Upaya tersebut pun akhirnya berbuah manis lewat kesuksesan yang berhasil diraih panitia penyelenggara – termasuk menjaga keamanan hingga acara berakhir.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM