Bola Internasional

Gara-gara Klopp, Jose Mourinho Dipecat Sebanyak 3 Kali

Selasa, 18 Desember 2018 21:05 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho dan Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Copyright: © INDOSPORT
Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho dan Jurgen Klopp, pelatih Liverpool.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola asal Inggris, Manchester United resmi memecat Jose Mourinho sebagai manajer.

“Manchester United mengumumkan jika Jose Mourinho mengundurkan diri dari klub. Kami ingin mengucapkan terima kasih untuk karya dan masa baktinya di Manchester United dan mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan.”

Keputusan pemecatan Mourinho diambil karena buntut kekalahan Man United dari rival mereka Liverpool pada pekan ke-17 Premier League.

Ternyata, pemecatan pelatih asal Portugal tersebut ada andil pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, dan hal tersebut bukanlah pertama kalinya terjadi. Menurut laporan Liverpool Echo, Klopp turut andil dalam tiga kali pemecatan Mourinho sebagai manajer.

Pertama kali Klopp jadi penyebab Mourinho dipecat yaitu di tahun 2013. Saat itu Klopp yang masih menukangi Borussia Dortmund bertemu Real Madrid di semi final Liga Champions.

© INDOSPORT
Pertemuan antara Jurgen Klopp dan Jose Mourinho di tahun 2013 lalu. Copyright: INDOSPORTPertemuan antara Jurgen Klopp dan Jose Mourinho di tahun 2013 lalu.

Real Madrid yang masih ditukangi Mourinho saat itu ternyata kalah dari Dortmund dengan skor meyakinakan 4-1. Hal tersebut membuat Madrid tidak memiliki raihan trofi. Sebulan kemudian, diumumkan bahwa pihak Real Madrid telah resmi memecat Mourinho dari Santiago Bernabeu.

Kedua kalinya Klopp jadi penyebab Mourinho dipecat yaitu saat ia melatih Chelsea. Saat itu, Liverpool yang melawan Chelsea pada Oktober 2015, mampu menang dengan skor 3-1.

© INDOSPORT
Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Copyright: INDOSPORTJurgen Klopp, pelatih Liverpool.

Hal tersebut membuat Chelsea berada di peringkat 14 Premier League dengan mengoleksi 11 poin dari 11 pertandingan.

Kemudian beberapa minggu setelahnya, Chelsea mengalami kekalahan beruntun melawan Bournemouth dan Leicester City, sehingga membuat Mourinho dipecat oleh Roman Abramovich.

Dan untuk ketiga kalinya Klopp seperti momok tersendiri bagi Mourinho. Ketika Man United bertandang ke Anfield akhir pekan lalu, skuat asuhan Mourinho harus mengakui kekuatan tim tuan rumah.

Man United terpaksa pulang dengan membawa poin hampa karena kalah 3-1 dari Liverpool. Tak berselang lama dari kekalahan tersebut, Mourinho pun dikabarkan telah dipecat dari Man United.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Internasional dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM