Liga Indonesia

Profile Singkat Andi Darussalam Tabusalla, Sang Godfather Sepak Bola Indonesia

Kamis, 20 Desember 2018 11:55 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Andi Darussalam Tabusalla. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Andi Darussalam Tabusalla.

INDOSPORT.COM - Nama mantan manajer Timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla mendadak jadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola Indonesia baru-baru ini.

Hal tersebut dikarenakan, dirinya mengungkap beberapa skandal yang terjadi di dunia sepak bola Indonesia dalam sebuah program televisi Mata Najwa, Rabu (20/12/18) yang membuatnya sering disebut sebagai Godfather Sepak Bola Indonesia.

Sebagai contohnya, Andi mengungkapkan banyak klub yang kerap datang kepadanya untuk meminta bantuan, ketika dirinya masih menjabat sebagai Ketua Badan Liga Indonesia.

"Saya tidak pernah terlibat pengaturan skor. Tapi saya tahu klub-klub sering mendatangi saya meminta tolong. Nah itu tidak satu atau dua klub," kata pria yang kerap disapa Bang Andi ini.

"Mereka meminta tolong agar wasit bersikap netral. Dan saya pastikan itu, jika wasit tidak bersikap netral tentu saya akan memberikan punishment," sambungnya.

Selain itu, Andi juga membeberkan skandal suap yang terjadi di final Piala AFF 2010 leg pertama, antara Malaysia vs Timnas Indonesia.

Kala itu, Timnas Indonesia takluk dengan skor 3-0 di Stadion Bukit Jalil. Namun, proses ketiga gol tersebut terdapat banyak kejanggalan.

"Saya katakan ketika ramai orang-orang mengatakan seolah-olah semua ini diatur, dengan saya sebagai manajer, dari situ saya mencari tahu. Dan saya yakin di pertandingan 3-0, saya dimainkan. Tetapi saya tidak punya bukti," ujar Andi.

Begitu banyak tahu tentang dunia sepak bola Tanah Air, lantas seperti apakah sosok sebenarnya dari Andi Darussalam Tabusalla ini? Berikut INDOSPORT merangkumnya.

182