In-depth

Menegok Kembali Momen 'Sakit Hati' Timnas Indonesia di Piala AFF 2010

Kamis, 20 Desember 2018 14:29 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© United Indonesia
Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Copyright: © United Indonesia
Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

INDOSPORT.COM - Seperti biasa, di setiap perhelatan kompetisi sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF, selalu Timnas Indonesia dijagokan untuk menjadi juara. Harapan itu juga terjadi pada Piala AFF 2010 yang menjadi edisi kesembilan sejak pertama kali digelar pada tahun 1996.

Timnas Indonesia saat itu menghadapi turnamen sepak bola Piala AFF 2010 dengan berbagai persiapan yang matang seperti sampai menaturalisasi Cristian Gonzales dan menunjuk pelatih sekelas Alfred Riedl, yang sudah khatam tentang sepak bola Asia Tenggara. Target yang dicanangkan oleh PSSI adalah juara.

Alfred Riedl saat itu membawa perubahan taktis dalam permainan Timnas Bola Indonesia dengan melahirkan sosok bek sayap modern yang sanggup membantu penyerangan seperti yang dilakoni oleh Zulkifli dan Nasuha. Selain itu, Timnas Indonesia dilatih dengan cara yang tegas dan disiplin.

Hasilnya, Timnas Indonesia membuka partai perdana dengan kemenangan sensasional atas Malaysia dengan skor telak, 5-1. Akhirnya Timnas Indonesia mengakhiri petualangan di fase grup dengan menyapu bersih semua laga dengan kemenangan, termasuk menggasak Thailand yang selama jadi momok.

Di babak semifinal, Timnas Indonesia sudah ditunggu oleh kekuatan baru Asia Tenggara, Filipina yang diperkuat oleh para pemain yang rata-rata half blood (miliki darah Filipina dan Negara lain). Akan tetapi Timnas Indonesia saat itu sanggup kalahkan Filipina dalam dua leg, mereka pun akan berduel dengan Malaysia di final.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%