Bola Internasional

Sebelum Resmi Latih Timnas Indonesia, Simon McMenemy Nyaris Dibajak Negara Tangguh Afrika

Kamis, 20 Desember 2018 15:25 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Simon McMenemy saat konferensi pers jelang pertandingan Persebaya vs Bhayangkara FC. Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Simon McMenemy saat konferensi pers jelang pertandingan Persebaya vs Bhayangkara FC.

INDOSPORT.COM - Eks pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy telah resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, di Hotel Sultan, Jakarta, pada Kamis (20/12/18) siang.

“Pelatih kepala (dijabat) saudara Simon McMenemy,” ujar Joko Driyono didampingi jajaran pengurus PSSI.

Namun, sebelum resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy dikabarkan nyaris melatih Timnas Zimbabwe.

Dilansir dari situs berita Zimbabwe, News Day, pada Februari lalu, Asosiasi Sepak Bola Zimbabwe (ZIFA) sudah siap menunjuk McMenemy untuk menjadi pelatih timnas senior mereka.

Menurut laporan media tersebut McMenemy dikabarkan pernah bernegosiasi dengan federasi sepak bola Zimbabwe sebelum bergulirnya Liga 1 2018. Bahkan pelatih asal Skotlandia ini sudah berada di Zimbabwe ditemani oleh manajernya dan telah melakukan negosiasi dengan ZIFA.

"Simon dan manajernya Soltani Sofian dari Shengli Sports sudah berada di negara itu dan telah bertemu pejabat ZIFA untuk mendiskusikan kemungkinan dia menjadi pelatih tim nasional. Mereka telah mengadakan pertemuan terpisah  dengan petinggi ZIFA. Para pihak ingin menjaga negosiasi secara tertutup, ”kata sumber media tersebut pada Februari lalu.

ZIFA dan McMenemy juga hampir negosiasi tersebut, tetapi eks pelatih Timnas Filipina itu ingin membawa orang-orang kepercayaannya sendiri untuk mengisi staf kepelatihan.

Namun, hal itu ditolak ZIFA yang ingin memberinya orang-orang lokal di bagian staf kepelatihan. Hal tersebutlah yang dikabarkan membuat gagalnya Simon McMenemy melatih negara berperingkat 115 FIFA per November 2018 tersebut.

Sementara itu, dihubungkan sedang melakukan negosiasi dengan McMenemy, pihak ZIFA menyangkalnya. Mereka mengaku tidak tahu tentang kabar terkait Simon McMenemy itu.

"Saya tidak tahu tentang itu. Kami sudah memiliki pelatih substantif dan kami senang dengannya," kata Wakil Presiden ZZIFA, Omega Sibanda.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Timnas Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

376