Liga Indonesia

Wacana Liga 1 Tanpa Asing, Ini Klub yang Paling Diuntungkan

Kamis, 20 Desember 2018 21:28 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Marko Simic saat selebrasi usai jebol gawang Selangor FA. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Marko Simic saat selebrasi usai jebol gawang Selangor FA.

INDOSPORT.COMPT Liga Indonesia Baru (LIB) belum mengetuk palu mengenai regulasi pemain asing yang akan diterapkan untuk kompetisi Liga 1 2019 mendatang.

Sempat hadir dengan terobosan marquee player pada tahun 2017, Liga 1 2018 lalu menggunakan ketentuan empat pemain asing dengan komposisi tiga pemain asing bebas dan satu pemain asing Asia.

Untuk musim 2019, Direktur PT LIB, Risha Adi Wijaya, masih harus mengevaluasi penyelenggaraan kompetisi 2018 guna persiapan kebijakan pemain asing Liga 1 musim depan.

"Kita akan evaluasi dulu, setelah evaluasi kita akan bicarakan apakah 3+1, 2+1 kita belum tahu. Kita tunggu evaluasi menyeluruh. Nanti akan disimpulkan kedepannya akan seperti apa," kata Risha Adi Wijaya.

Sempat beredar kabar bahwa Liga 1 2019 tidak akan menggunakan jasa penggawa asing. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesempatan bagi striker lokal untuk bersaing.

Belakangan ini, striker tim peserta Liga 1 didominasi oleh bomber impor. Akibatnya bermuara kepada Timnas Indonesia yang kekurangan striker tajam sehingga harus mengandalkan pemain naturalisasi.

Namun demikian, alih-alih berkeluh kesah terhadap sisi negatif dari kebijakan penghapusan pemain asing, kebijakan ini ternyata dapat menguntungkan tim-tim Liga 1.

719