Liga Indonesia

Polemik Suap di Final Piala AFF 2010, PSSI Siap Tindak Tegas Bila Terbukti

Jumat, 21 Desember 2018 13:33 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/Indosport.com
CEO Arema FC, Iwan Budianto. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
CEO Arema FC, Iwan Budianto.

INDOSPORT.COM - PSSI menilai akan mengambil tindakan tegas bila benar laga final Piala AFF 2010 ada yang bermain suap. Ini menjadi bagian konsen PSSI dalam usaha memberantas pengaturan skor.

Hal ini diutarakan langsung oleh kepala staffnya Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Bagi Iwan, PSSI saat ini terus mengumpulkan bukti terkait pengaturan skor. PSSI memang konsen dalam pembenahan pengaturan skor. Terlebih dalam rada kompetisi tiga tahun terakhir.

Namun belakangan mencuat kabar mengejutkan yakni ada dugaan laga final Piala AFF 2010 silam antara Malaysia melawan Indonesia juga terindikasi adanya pengaturan skor.

Terkait hal ini pria yang kerap disapa IB ini bahkan tak segan menghukum tegas bila hal itu terbukti.

"Kalau itu kan (Piala AFF 2010) baru muncul kemarin, kita kayanya yang berkaitan sama kompetisi dua tiga tahun terakhir. Tapi kalo memang ada buktinya kenapa tidak? Itu baik buat kita," ucap Iwan.

Iwan memang tak menutup diri bahwa ada beberapa pemain alumnus Timnas Indonesia di piala AFF 2010 silam mengeluh dengan dirinya. Hal ini terkait banyak tudingan miring kepada mereka.

Terlebih tudingan tersebut berimbas ke keluarga pemain. Hal ini yang membuat Iwan bersama PSSI bergerak untuk bertindak cepat.

"Saya sehari kemarin beberapa pemain mengeluh kepada kami terkait apa yang ditayangkan di televisi semalam. Karena pemain di era itu sekarang sudah ada pemain yang anaknya mulai dimaki temannya."

"Kalau PSSI tidak segera bertindak untuk memastikan kebenarannya dengan bukti yang cukup maka ini jadi fitnah yang merugikan keluarga pemain," pungkasnya.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM