Liga Indonesia

Terkait Asisten Simon McMenemy di Timnas Indonesia, Ini Penjelasan PSSI

Jumat, 21 Desember 2018 16:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Simon McMenemy Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Simon McMenemy

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI baru saja menunjuk eks pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy untuk menahkodai skuat Garuda selama dua tahun ke depan. Simon diberikan kepercayaan mengembalikan ketangguhan Timnas Indonesia setelah gagal total di Piala AFF 2018. 

Kendati demikian, belum diketahu siapa yang akan mendampingi Simon atau menjadi asisten pelatih dalam melaksanakan tugas memimpin Timnas Indonesia. Oleh karenanya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha lantas memberikan penjelasan.

Menurutnya, hal itu bisa menjadi wewenang pelatih asal Skotlandia sepenuhnya. Akan tetapi PSSI juga memiliki kriteria tertentu.

"PSSI memiliki concern utamanya mengenai asisten dan area official karena ini harus berhubungan. Misalnya, harus mengikuti perkembangan, membangun komunikasi lancar dengan federasi, dan juga ada kualifikasi tertentu," kata Tisha.

"PSSI juga memiliki kewenangan untuk menetapkan kualifikasi, pengalaman serta backgroundnya," imbuh lulusan Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

Tisha menjelaskan sejauh ini PSSI sudah melakukan komunikasi dengan Simon McMenemy terkait pekerjaan barunya. Dan, pelatih yang pernah menangani Timnas Filipina itu pun sangat terbuka dan siap menjalani tantangan baru dalam dunia kepelatihan.

"Kita sudah ketemu, karena kita tak mungkin ngumumin di media kalau pelatihnya belum bersedia. Kalau soal itu (reaksi) bisa tanyakan langsung," tandasnya.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM