Liga Spanyol

4 Pemain Barcelona yang Tanggung Beban Lionel Messi Musim Ini

Sabtu, 22 Desember 2018 20:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© GETTYIMAGES
Pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi. Copyright: © GETTYIMAGES
Pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi.

INDOSPORT.COM – Musim ini beban Lionel Messi di Barcelona sepertinya mulai berkurang, dengan sejumlah bintang mulai bersedia untuk memikul sebagian tanggung jawab.

Ketika Neymar meninggalkan Barcelona di musim panas 2017, seolah-olah ada yang hilang di Camp Nou. Saat itu raksasa Catalan berjuang untuk mengatasi ketimpangan kekuatan, dengan puncaknya dibantai 5-1 oleh Real Madrid selama Supercopa de Espana.

Seiiring berjalannya waktu, lonjakan performa datang dari Lionel Messi, yang entah bagaimana bekerja sangat keras untuk mengembalikan Balugrana ke puncak permainan mereka. Messi mengambil tanggung jawab di lini depan, juga bermain lini tengah untuk mengatur permainan serta meningkatkan kinerja.

Namun sepertinya peran mayoritas Messi ini berdampak pada ketergantungan klub. Ia menjadi pengeksekusi terbaik, pencipta serangan terbaik, pengatur irama dan inspirator terbaik setiap kali dibutuhkan klub.

Berbeda dengan musim ini, kendati Messi masih seorang superstar tak terbantahkan di Camp Nou, pemain asal Argentina ini kini tidak sendirian di dalam mengembang tanggung jawab.

Di bawah ini Indosport.com melihat empat pemain yang tampil cemerlang dan berbagi peran dengan peraih Ballon d’Or lima kali itu: