Liga Indonesia

Dituding Terlibat Match Fixing, 3 Prestasi Manis Ini Pernah Diraih Maman Abdurrahman

Sabtu, 22 Desember 2018 13:46 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Maman Abdurrahman, sosoknya belakangan dikaitkan dengan isu pengaturan skor. Namun, terlepas dari segala isu miringnya belakangan, Maman tetaplah merupakan pemain sepak bola Indonesia yang mampu menorehkan sejumlah prestasi gemilang.

Maman dikaitkan dengan isu pengaturan skor pada pertandingan final Piala AFF 2010 antara Malaysia vs Timnas Indonesia. Terlebih setelah mantan manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2010, Andi Darussalam mengungkapkan pendapatnya di acara Mata Najwa.

“Harusnya Maman Abdurrahman biarkan itu bola, bola itu akan keluar. Tapi dia biarkan dan beri kesempatan ke pemain lawan untuk berikan umpan dan terjadi gol,” ungkap Andi.

Maman memang menjadi bagian dalam skuat Timnas Indonesia kala itu. Maman diketahui melakukan blunder hingga menyebabkan terjadinya gol pertama Malaysia.

Maman sendiri telah menampik keterlibatan dirinya terhadap pengaturan skor yang diduga. Maman bahkan siap untuk bersikap koperatif jika dirinya harus diperiksa pihak kepolisian.

“Dengan ini saya menyatakan dan menegaskan bahwa hal tersebut adalah tidak benar. Sebagai tindak lanjutnya, saya siap bekerja sama dengan pihak kepolisian melalui satgas yang akan dibentuk Kapolri untuk menuntaskan kasus ini,” ucap pemain Persija Jakarta itu saat press conference APPI.

Terlepas dari segala isu miring yang menyelimutinya belakangan, Maman tetaplah salah satu sosok pemain terbaik Indonesia. Ia mampu menorehkan sejumlah prestasi manis sepanjang kariernya sebagai pesepak bola.

Lalu apa saja prestasi manis yang pernah ditorehkan Maman dalam sepanjang karirnya itu? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.

180