Liga Indonesia

Isu Match Fixing di Final Piala AFF 2010, Media Malaysia Beberkan Satu Nama Mantan Petinggi PSSI

Sabtu, 22 Desember 2018 21:02 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© affsuzukicup.com
Gol Safee Sali ke gawang Timnas Indonesia di final Piala AFF 2010. Copyright: © affsuzukicup.com
Gol Safee Sali ke gawang Timnas Indonesia di final Piala AFF 2010.

INDOSPORT.COM - Isu mengenai adanya pengaturan skor di final Piala AFF 2010 yang mempertemukan Malaysia vs Indonesia kembali memanas akhir-akhir ini. 

Semua bermula dari pernyataan mantan ketua Badan Liga Indonesia, Andi Darussalam, yang menyebutkan bahwa adanya kecurigaan terjadinya pengaturan skor di leg pertama final yang berakhir 3-0 untuk kemenangan Malaysia tersebut. 

Masalah ini pun ikut dibahas oleh media Malaysia, Inikanbola. Dalam artikel berjudul "Match Fixing Perlawanan Akhir Piala AFF 2010 Dibocorkan", diberitakan bahwa salah satu petinggi PSSI saat itu, Nirwan Bakrie, dikabarkan terlibat di balik pengaturan skor final Piala AFF 2010. 

Menurut Inikanbola, Nirwan Bakrie saat itu telah menyogok tiga pemain Indonesia yaitu Markus Horison, Firman Utina, dan Maman Abdurrahman. 

"Nirwan Bakrie yang dikatakan kaki judi. Nirwan yang mempertaruhkan Indonesia kalah mensasarkan pemain ternama seperti Markus Haris Maulana (penjaga gol), Firman Utina (ketua pasukan) dan Maman sendiri." demikian tulis artikel tersebut.

© inikanbola.my
Media Malaysia memberitakan mengenai isu pengaturan skor di final Piala AFF 2010. Copyright: inikanbola.myMedia Malaysia memberitakan mengenai isu pengaturan skor di final Piala AFF 2010.

NIrwan Bakrie dikatakan memanipulasi CCTV yang merekam kejadian di sekitar ruang ganti. 

Hal ini seakan mengamini pernyataan Alfried Riedl yang menyebut ada orang PSSI yang masuk ke ruang ganti. Akan tetapi, hal ini telah dibantah jauh-jauh hari oleh Bambang Pamungkas. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%