Liga Indonesia

Mengingat Kembali 5 Penyerang Legendaris Indonesia Tahun 2000an

Sabtu, 22 Desember 2018 14:54 WIB
Penulis: Daniel Ramos Putra | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi ceria Bambang Pamungkas di dalam latihan Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi ceria Bambang Pamungkas di dalam latihan Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Posisi penyerang dalam sepak bola adalah posisi yang paling mendapat banyak sorotan, pasalnya posisi yang berada dilini depan sebuah tim ini ditugaskan untuk mencetak gol untuk kemenangan tim.

Tak jarang sebuah tim rela mengelontorkan dana besar untuk memboyong seorang penyerang untuk mempertajam lini serang tim tersebut. Tak heran jika seorang penyerang selalu menjadi sorotan dalam sebuah tim sepak bola.

Indonesia sendiri ternyata juga memiliki banyak penyerang berkualitas dikancah nasional maupun internasional. Sebut saya Bambang Pamungkas, Christian Gonzalez dan Boaz Salossa, ketiga pemain tersebut telah lalu lalang didunia persepakbolaan Indonesia sejak tahun 2000an.

Tak hanya ketiga nama tersebut, Indonesia ternyata juga mempunyai beberpa nama penyerang yang cukup tenar pada tahun 2000an. Ingin tahu siap saja penyerang berkualitas Indonesia pada tahun 2000an? Berikut INDOSPORT merangkumnya.

1. Budi Sudarsono

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETBudi Sudarsono, mantan striker Timnas Indonesia.

Nama Budi Sudarsono nampaknya sudah tidak asing bagi para pecinta sepak bola nasional tahun 2000an. Budi Sudarsono yang memiliki julukan “Si Ular Phyton” ini sudah mondar mandir diberbagai klub di Indonesia.

Dimulai dari Persebaya, Persija, Deltras Sidoarjo, Persik Kediri, Persib Bandung hingga Sriwijaya FC pernah menggunakan jasa dari penyerang yang memiliki gerakan lincah ini. Selain itu Budi Sudarsono juga telah membela timnas Indonesia dari tahun 2001 hingga tahun 2010.

Pemain kelahiran Kediri ini sudah menyatakan pensiun dari dunia persepakbolaan pada tahun 2014 dan kini Budi Sudarsono dikabarkan sedang merambah ke dunia politik untuk melanjutkan karirnya.

2. Zaenal Arif

Pemain yang bersinar bersama Persib Bandung ini telah hilir mudik didunia persepakbolaan Indonesia dari tahun 2000 awal. Tak hanya bersama klub, nama Zaenal Arif juga melambung berkat karirnya bersama timnas Indonesia pada tahun 2002 hingga 2007.

Mengawali karir dari klub Persigar Garut, Zaenal Arif kemudian menjelma menjadi seorang penyerang yang ditakuti lawannya kala karirnya menanjak bersama Persib Bandung.

Kini pemain yang telah berusia 37 tahun ini telah memutuskan pensiun dari dunia persepakbolaan yang telah membesarkan namanya pada tahun 2016 di klub Persepam Madura United. Kini Zaenal Arif dikabarkan tengah sibuk menjadi PNS untuk melanjutkan karirnya.