Bola Internasional

Pujian Frontal 'Si Wanita Besi' untuk Skuat Timnas Inggris di Era 90-an

Jumat, 28 Desember 2018 16:44 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mendiang Margaret Thatcher yang dikenal dengan julukan ‘Iron Lady’ alias ‘Wanita Besi’ punya pujian menarik untuk skuat Timnas Inggris yang berlaga di ajang Piala Dunia 1990.

Ia merasa bangga lantaran para pemain The Three Lions tidak manja dan mudah melakukan aksi diving di lapangan. Hal tersebut dimuat dalam sebuah dokumen National Archives yang dirilis baru-baru ini.

Sesuai dengan julukannya, Thatcher pun menggunakan kalimat yang cukup frontal dalam pujiannya. Ia bahkan menyebut sejumlah referensi seperti Piala Oscar dan tragedi Raja Richard III yang sempat diangkat William Shakespeare dalam bentuk drama panggung.

“Kita semua menyadarinya bahwa ketika seorang pemain Inggris jatuh, tidak seperti tim lain, para pemain kita tidak langsung berburu Piala Oscar untuk kategori aktor terbaik dalam meniru adegan kematian Richard III,” ujar Thatcher, seperti dikutip dari Evening Standard.

“Anda tetap tenang selama permainan dan selalu menerima apa pun keputusan wasit tanpa mengeluh,” ujarnya lagi dalam draf tersebut.

Pada ajang Piala Dunia 1990 tersebut, Inggris hanya berhasil meraih tempat ke-4 setelah kalah dari Jerman Barat di babak semifinal dan Italia saat laga perebutan tempat ke-3. Namun Thatcher dan publik Inggris patut berbangga karena Timnas mereka berhasil menyabet trofi FIFA Fair Play saat itu.

Thatcher kemudian mengundang Bobby Robson dan skuatnya ke kediamannya di Downing Street 10 setelah mereka kembali dari Italia. Ia juga menyebut para pemain Inggris selalu menjadi pihak pertama yang mengulurkan tangan untuk berteman dengan para tim lawan.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM