Bola Internasional

Beda Nasib dengan Egy Maulana Vikri, Wonderkid Malaysia Dikontrak Rp 42 Miliar

Sabtu, 29 Desember 2018 17:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Jika Egy Maulana Vikri saat ini tengah meniti karier di salah satu klub Eropa, Lechia Gdansk, beda halnya dengan wonderkid Malaysia, Muhammad Akhyar bin Abdul Rashid yang memilih untuk bermain di dalam negeri.

Gelandang Timnas Malaysia U-19 tersebut resmi berlabuh ke klub Johor Darul Takzim (JDT) dengan klausul transfer sebesar 12 juta Ringgit Malaysia atau sekitar Rp42 miliar.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh direktur Johor Darul Takzim, Martin Prest melalui rilis yang diterima media setempat.

“Johor Darul Takzim senang telah (mendapat) tanda tangan pemain 19 tahun, Akhyar Rashid dengan kontrak empat tahun. JDT juga telah menambahkan klausul rilis transfer RM 12.000.000 (Rp42 miliar) pada kontrak akhyar,” ujar Martin Prest.

Kontrak ini sebelumnya menimbulkan kontroversi setelah Perlis FA juga mengakui tengah memperjuangkan untuk mendapatkan tanda tangan dari gelandang sayap Kedah FA tersebut.

Namun setelah federasi sepak bola Malaysia (FAM) mengeluarkan keputusan jika nilai penebusan kontrak Akhyar adalah sebesar RM 210.000, maka kemudian JDT menjadi satu-satunya yang sukses menggaet Akhyar Rashid.

“Ada biaya pengembangan sebesar RM 75.000 yang harus dibayarkan ke mantan klub pemain, dan sebagai tanda hormat kepada Kedah untuk mengembangkan bakat Akhyar. JDT akan membayar Kedah RM 100.000,” jelas Martin Prest lagi.

Sementara itu, Kedah FA juga mengaku keberatan lantaran masih menginginkan jasa Akhyar, dan pemain bersangkutan masih terikat kontrak hingga November 2019. Kedah FA mengklaim belum menerima kompensasi sehingga mereka akan membawa kasus tersebut ke pengadilan.

Meski hanya bermain di dalam negeri, kontrak Muhammad Akhyar bin Abdul Rashid bersama JDT yang menembus angka Rp42 miliar terbilang sangat fantastis. Angka lebih besar ketimbang Egy Maulana Vikri yang berkarier di klub Polandia, Lechia Gdansk, yang kabarnya mendapatkan kontrak sebesar Rp13 miliar untuk satu tahun.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Sepak Bola Liga Indonesia dan Liga Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.