Bursa Transfer

Harga Transfer Pemain Diprediksi Bakal Terus Melonjak

Sabtu, 29 Desember 2018 17:55 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dalam satu dekade terakhir, pasar sepak bola sudah berkembang pesat. Pemain-pemain sepak bola saat ini memiliki harga yang sangat tinggi. Tren ini pun diprediksi bakal terus terjadi di tahun-tahun mendatang.

Bukan sebuah rahasia lagi jika pasar sepak bola saat ini sudah sangat berkembang. Banyak klub-klub di dunia berburu pemain terbaik demi menjadi yang teratas di kompetisi negaranya sendiri maupun terbaik di dunia.

Sehingga, tidak mengherankan jika sebuah klub rela menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan sejumlah pemain. Bahkan, ada pula klub yang menyanggupi seorang pemain dengan harga yang tidak murah alias mahal.

Seperti dilansir dari portal berita olahraga, Marca, dari 30 transfer pemain termahal sepanjang sejarah sepak bola, 29 di antaranya terjadi dalam satu dekade atau 10 tahun terakhir.

Harga transfer yang sangat tinggi itu dimulai pada musim 2009/2010. Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal dalam sejarah ketika ia hengkang dari Manchester United ke Real Madrid dengan nilai 96 juta euro atau setara dengan 1,6 miliar rupiah. Rekor itu menggeser Zinedine Zidane sebagai pemain termahal yang pernah ada.

Sejak saat itu, 6 transfer berbeda terjadi dengan nilai yang tak kalah besar dari Ronaldo. Puncaknya adalah transfer seharga 222 juta euro atau setara dengan 3,7 miliar rupiah yang terjadi antara Neymar ke Paris Saint-Germain, yang mana sekarang menjadi transfer termahal sepanjang masa.

Sebagai catatan, seorang pemain yang pada tahun 2009 silam memiliki harga 10 juta euro, kini nilainya telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Pemain dengan harga tersebut itu, pada saat ini bisa memiliki harga sebesar 11,2 juta euro.

72