Bursa Transfer

Man City Klub Paling Boros di Dunia dalam 1 Dekade Terakhir

Sabtu, 29 Desember 2018 15:25 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Ilustrasi Transfer. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi Transfer.

INDOSPORT.COM – Dalam satu dekade terakhir, pasar sepak bola sudah berkembang pesat. Manchester City pun menjadi klub paling boros dalam urusan belanja pemain dalam rentang waktu tersebut.

Bukan sebuah rahasia lagi jika pasar sepak bola saat ini sudah sangat berkembang. Banyak klub-klub di dunia berburu pemain terbaik demi menjadi yang terbaik di kompetisi negaranya sendiri maupun terbaik di dunia.

Sebuah klub rela menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan sejumlah pemain. Bahkan, ada pula klub yang menyanggupi seorang pemain dengan harga yang tidak murah alias mahal.

Seperti dilansir dari portal berita sport Marca, 30 transfer pemain termahal sepanjang sejarah sepak bola, 29 diantaranya terjadi dalam satu dekade atau 10 tahun terakhir.

Menariknya, dalam satu dekade terakhir itu, terdapat grafik yang menunjukkan bahwa klub raksasa Liga Primer Inggris, Manchester City menjadi klub paling boros dalam urusan belanja pemain.

Klub yang kini diasuh oleh Pep Guardiola itu berada di paling atas daftar klub dengan pengeluaran terbanyak untuk belanja pemain. Man City total sudah menghabiskan mahar sebesar 1,5 miliar euro atau setara dengan lebih dari 25 triliun rupiah. Uang sebanyak itu dihabiskan untuk 69 pemain.

Di bawah Manchester City, terdapat nama klub asal Inggris lainnya, Chelsea. Klub yang dimiliki oleh Roman Abramovich itu telah menghabiskan 1,25 miliar euro. Disusul Barcelona (1,2 miliar euro), Paris Saint Germain (1,19 miliar euro), dan Juventus (1,14 miliar euro) yang menempati urutan ke-3 sampai 5.

1