Bola Internasional

Jumlah Pemain Asean di Liga Thailand 2019: Filipina Laris Manis, Indonesia Hanya Satu Pemain

Minggu, 30 Desember 2018 13:46 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© foxsportsasia
Buriram United Tengah Merayakan Keberhasilan Menjuari Liga 1 Thailand Copyright: © foxsportsasia
Buriram United Tengah Merayakan Keberhasilan Menjuari Liga 1 Thailand

INDOSPORT.COM - Liga Thailand tampaknya menjadi surga para pemain sepak bola asal ASEAN lain untuk menimba pengalaman bermain di kompetisi sepak bola yang lebih kompetitif dan profesional.

Namun ternyata tak semua pemain mampu menarik minta klub di kompetisi Negeri Gajah Putih tersebut, bahkan beberapa tim secara terang-terangan menolak menggunakan pemain asal ASEAN.

Seperti yang diungkapkan pelatih klub Nakhon Ratchasima FC, Milos Joksic, yang pernah mengeluh lantaran mengetahui kualitas Bayu Pradana dan Zulfiandi yang tak sesuai ekspektasi.

"Jika kalian harus membayar lebih mahal, tetapi potensinya sama saja (dengan pemain lokal), tak perlu mendatangkan pemain asing. Tim lebih memilih untuk mengambil yang lebih baik," ujar Milos Joksic dikutip dari situs berita olahraga Thailand, Siamsport.

Meskipun beberapa pelatih menyatakan tak berminat memboyong pemain asal ASEAN, namun peraturan kompetisi tersebut mewajibkan tim untuk merekrut pemain ASEAN tersebut.

Hasilnya kini banyak para pemain-pemain asal ASEAN yang mulai tampil di Thai League maupun Thai League 2. Sayangnya Indonesia yang sempat dijuluki macan Asia tak mendapat banyak tawaran untuk para pemainya, dan hanya Yanto Basna yang berhasil berkarir disana dengan memperkuat Sukhothai FC. 

Justru Filipina yang notabene tim kuda hitam malah laris di pasaran Liga Thailand, di mana sebanyak 8 pemain berhasil laris di kompetisi Thailand segala level, diikuti dengan Myanmar yang berhasil menyumbang 5 pemain bahkan 4 pemain tampil di kasta tertinggi musim depan.

Sejumlah pemain Timnas Myanmar yang menghiasi daftar pemain klub-klub Thailand antara lain Than Htet Aung (Samutsakhon FC), Thein Than Win (Ratchaburi Mitr Phol FC), Kyaw Ko Ko (Samut Prakan City), Aung Thu (Muangthong United), dan Si Thu Aung (Chonburi FC).

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Bursa Transfer Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.