Liga Italia

Aktivis HAM Protes Laga Final Juventus vs AC Milan, Kenapa?

Kamis, 3 Januari 2019 10:49 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sportku
Trofi Piala Super Italia Copyright: © Sportku
Trofi Piala Super Italia

INDOSPORT.COM – Liga Serie A Italia dikabarkan telah mengeluarkan pernyataan yang mengundang kontroversi sehubungan dengan penjualan tiket untuk laga final Piala Super Italia antara Juventus vs AC Milan yang akan berlangsung di Arab Saudi pada 16 Januari mendatang.

Dokumen tersebut berisi daftar aturan yang berkaitan dengan stadion, di mana satu aturan khususnya, menegaskan akan ada beberapa wilayah di Stadion Raja Abdullah Sports City yang diperuntukkan khusus untuk pria.

"Sektor-sektor yang disebut sebagai 'lajang' diperuntukkan bagi pria, sektor-sektor yang disebut 'keluarga' dicampur untuk pria dan wanita," tulis pernyataan tersebut seperti yang dikutip dari Calciomercato.

Hal ini ternyata mendapatkan protes dari para aktivis Hak Asasi Manusia, yang merasa keberatan dan menilai peraturan tersebut mendiskriminasi gender karena telah membatasi perempuan.

Negara Timur Tengah ini memang dikenal karena beberapa undang-undang represif yang ditujukan untuk wanita, dan La Stampa melaporkan tidak ada penggemar wanita yang diizinkan di luar bagian keluarga.

Bagian itu terdiri sekitar 15 persen dari 60 ribu kursi, dan perempuan tidak akan diizinkan duduk di tempat lain di stadion karena telah dikhususkan bagi penonton pria.

Sebelumnya wanita juga dilarang memasuki stadion, tetapi lapangan di Dammam, Jeddah, dan Riyadh memutuskan untuk membuat aturan wilayah untuk penggemar wanita yang ingin menonton.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Italia Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%