Liga Indonesia

Kantongi Puluhan Juta Dalam Sebulan, Wasit Liga 1 Ini Pantang Lakukan Match Fixing

Kamis, 3 Januari 2019 11:16 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Wasit Liga 1 asal Malang, Iwan Sukoco Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Wasit Liga 1 asal Malang, Iwan Sukoco

INDOSPORT.COM - Praktik match fixing yang terhampar di dunia sepak bola, memang cukup pelik untuk diungkap. Meski pada intinya, aksi pengaturan skor pertandingan itu selalu berujung pada keterlibatan gelimang uang yang menjadi tujuan utamanya.

Iwan Sukoco pun mengakui, bahwa profesinya sebagai wasit memang sangat rentan terhadap hal itu. Wasit berperan sangat sentral dalam setiap keputusannya di tengah lapangan, dan mengawal jalannya pertandingan hingga menuju hasil akhir.

"Karena wasit juga bertugas menafkahi keluarga dengan cara yang baik. Dan saya tidak ingin mencederai sepak bola Indonesia," ungkapnya dalam diskusi akrab dengan INDOSPORT.

Ia sendiri menegaskan akan menolak mentah-mentah jika suatu hari ada pihak yang menawarinya melakukan match fixing. Pasalnya, menerima tawaran itu adalah bentuk pelanggaran terbesar dalam korps baju hitam yang menjadi profesinya.

Apalagi, Iwan juga merupakan anggota TNI Angkatan Darat yang sehari-hari bertugas di Komando Rayon Militer (Koramil) di Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. 

"Tidak akan pernah saya terima. Dan sejauh ini, belum ada tawaran-tawaran seperti itu," tandas tentara berpangkat Pembantu Letnan Dua pada kesatuannya tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%