Liga Indonesia

Rahmad Darmawan Dibajak PS TIRA, Teka-teki Pelatih Baru Arema Semakin Kuat

Kamis, 3 Januari 2019 15:04 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© IAN SETIAWAN/INDOSPORT.COM
Suasana latihan pemain Arema FC. Copyright: © IAN SETIAWAN/INDOSPORT.COM
Suasana latihan pemain Arema FC.

INDOSPORT.COM - Isu yang berhembus perihal masa depan Rahmad Darmawan dalam ajang sepak bola Indonesia akhirnya jelas, di pekan pertama Januari 2019.

Pelatih yang menangani Sriwijaya FC dan Mitra Kukar pada Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2018 itu mantap memilih PS TIRA sebagai kelanjutan karier kepelatihan sepak bolanya di musim ini.

Kabar itu sekaligus mematahkan rumor yang menyebutnya bakal menjadi Pelatih Arema FC musim ini, meski manajemen Arema lebih tertarik pada pelatih asing.

Keterkaitan namanya tak lepas dari histori Rahmad Darmawan, yang memang pernah menangani Arema FC di musim 2013 silam.

Kendati satu per satu kandidat gugur, namun tak berarti spekulasi perihal nama pelatih lokal kemudian mengendur. Hal itu karena Arema baru akan mengumumkan nama pelatih baru secara resmi jelang memulai latihan perdana tim pada 10 Januari mendatang.

"Pelatih baru tim ini sudah pasti datang pada 9 Januari nanti, sebelum memimpin latihan," bilang Media Officer Arema FC, Sudarmaji kepada awak jurnalis di Malang.

Setelah gugurnya nama Rahmad Darmawan, satu lagi nama lokal kembali mencuat. Dia adalah Agus Yuwono, eks Pelatih Perseru Serui pada kompetisi tahun 2017 lalu, yang sebelumnya menangani Persis Solo di Liga 2.

Munculnya nama Agus Yuwono tak lepas dari faktor kedekatan secara personal terhadap tim pelatih di Arema FC. Terlebih, pelatih kelahiran asli Malang itu juga punya jam terbang tinggi dengan menangani sejumlah tim baik di Liga 1 maupun Liga 2.

Jika merunut kiprahnya di masa lalu, ia juga sebagai salah satu legenda hidup tim sepak bola berjuluk Singo Edan, seperti halnya Kuncoro, Yanuar Hermansyah dan Singgih Pitono (saat ini mengisi tim pelatih).

Sumbangsih terbesarnya adalah kala mengantar Arema meraih juara kompetisi Galatama pada tahun 1993 silam.

"Belum tahu soal kabar itu Mas. Ya kalau ada yang dekat, kenapa mengambil yang jauh," tutur Agus Yuwono saat ditemui awak portal berita olahraga INDOSPORT dalam kegiatan menjaga kebugarannya di lapangan TNI Angkatan Laut Kota Malang, Rabu (02/01/19) kemarin.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM