Liga Inggris

Menang, Begini Perbedaan Man City vs Liverpool soal Belanja Pemainnya

Jumat, 4 Januari 2019 14:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Sergio Aguero usai melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya Copyright: © Getty Images
Sergio Aguero usai melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya

INDOSPORT.COM – Menjalani laga sengit pekan ke-21 kompetisi Premier League 2018/2019, Manchester City berhasil membungkam Liverpool dengan skor 2-1. Hasil ini membuktikan bahwa modal belanja pemain Si Langit Biru selama dua musim terakhir tidak pernah sia-sia.

Kedua raksasa Liga Inggris tersebut sejatinya sangat diunggulkan untuk menjuarai Premier League musim ini. Bahkan mereka sudah mengantisipasinya selama dua musim terakhir dengan mendatangkan pemain anyar.

Outlet olahraga 90min melalui akun Instagram-nya merilis besaran modal yang mereka gelontorkan untuk mendatangkan 11 pemain masing-masing. Namun, kubu Pep Guardiola menghabiskan lebih banyak dibandingkan Liverpool.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 90min (@90min_football) on

Man City secara total menghabiskan dana sebesar 439 juta poundsterling atau setara dengan Rp7,9 triliun. Di antara 11 pemain yang direkrut, Aymeric Laporte menjadi pemain termahal dengan nilai sebesar 57 juta pounds (Rp1 triliun) yang ditandatangani pada bursa transfer Januari 2018.

Berbeda dengan Liverpool, di mana kubu Jurgen Klopp ini menelan biaya hingga 359 juta poundsterling atau Rp6,4 triliun. Di antara para pemain yang direkrut kubu Merseyside ini, terdapat terdapat dua pemain dengan biaya termahal dan satu pemain gratisan yakni Trent Alexander-Arnold.

Virgil Van Dijk menjadi bek termahal di Inggris ketika ia tiba di Anfield pada Januari 2018 setelah menandatangani kontrak sebesar 75 juta pounds atau Rp1,3 triliun. Selain itu, mantan kiper AS Roma Alisson Becker dikontrak dengan nilai 70 juta pounds atau Rp1,2 triliun.

Membandingkan jumlah investasi yang ditanamkan dengan hasil pertandingan malam tadi, sudah terlihat jelas bahwa Man City memiliki kekuatan secara fisik dan finansial untuk memenangkan laga sengit ini.

Mereka berhasil membalas dendam kekalahan mereka pada Januari tahun lalu sekaligus memutus rekor tak terkalahkan The Reds pada 22 pertandingan sejauh musim ini.

Dua gol tuan rumah didapatkan melalui kreasi Sergio Aguero pada menit ke-40, dan Leroy Sane menit 72. Sedangkan Liverpool hanya mampu memperkecil ketinggalannya lewat sontekan Roberto Firmino di awal-awal babak kedua.

Hasil ini membawa Man City kembali merapat ke tempat kedua di belakang sang pemuncak klasemen sementara dengan selisih empat poin.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT