Bola Internasional

Nyaris Degradasi, Klub Baru Mario Gomez Bakal Kejatuhan 'Durian Runtuh'

Jumat, 4 Januari 2019 16:07 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© LogoBrands
Logo Vfb Stuttgart. Copyright: © LogoBrands
Logo Vfb Stuttgart.

INDOSPORT.COM - Nasib muram tengah menghampiri VFB Stuttgart dalam menjalani Bundesliga (kasta tertinggi sepak bola Liga Jerman) musim 2018/19ini.

Stuttgart yang baru saja ditinggal Daimler sebagai pemilik saham mayoritas mengalami krisis keuangan yang cukup parah.

Imbasnya terasa pada performa anak asuh Halil Altintop musim ini. Stuttgart kini menempati posisi ke-16 klasemen sementara Bundesliga.

Mario Gomez dan kawan-kawan baru mengemas 14 angka dari 17 laga di paruh pertama musim ini. Parahnya, Stuttgart baru bisa 4 kali menang sepanjang paruh pertama kompetisi.

Namun, angin segar sudah bertiup ke arah klub sepak bola yang berjuluk The Swabians ini. Melansir informasi dari laman berita olahraga Sky (04/01/19) sebuah konsorsium asal Prancis diketahui untuk mengambil alih 24,9 persen saham yang bernilai 100 juta euro atau setara dengan Rp1,6 triliun.

Wolfgang Dietriech sendiri mengatakan bahwa nilai tersebut akan dipergunakan sepenuhnya untuk kepentingan klub sepak bola. Presiden Stuttgart ini menyebut bahwa pembenahan utama akan dilakukan di tim utama, akademi, dan peningkatan infrastruktur.

Stuttgart sendiri merupakan salah satu klub sepak bola Jerman yang sebelumnya dibiayai penuh oleh pabrikan Mercedes-Benz. Namun belakangan, regulasi baru di Jerman membuat sejumlah klub yang dibiayai oleh sebuah industri harus gigit jari.

Hal sama sebelumnya pernah dialami oleh Bayer Leverkusen yang harus bisa mandiri tanpa ditopang oleh grup industri farmasi. Langkah yang sama juga dialami oleh RB Leipzig yang harus beradaptasi dengan regulasi ketat soal industri sepak bola di Jerman.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Bundesliga Lainnya di INDOSPORT.COM