Liga Indonesia

PSSI Diminta Lakukan Evaluasi Terhadap Wasit Jelang Bergulirnya Liga 1 2019

Jumat, 4 Januari 2019 00:02 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Indosport
Ilustrasi Wasit Liga 1 Copyright: © Indosport
Ilustrasi Wasit Liga 1

INDOSPORT.COM - Permasalahan seputar wasit sudah kian mengakar di sepakbola nasional. Meski sudah ada pembenahan, namun tetap saja kepemimpinan wasit di Indonesia masih lekat dengan kontroversi.

Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso, pun berharap kompetisi Liga 1 musim 2019 nanti berjalan lancar tanpa satu pun kontroversi. Aji Santoso menilai bahwa jeda kompetisi yang cukup panjang saat ini harus dimaksimalkan Komite Wasit dalam menjalankan program evaluasi kepada jajarannya.

"Ya, saya berharap demikian. Evaluasi wasit bisa berjalan lebih maksimal lagi, agar kompetisi Liga 1 musim depan (2019) bisa berjalan lebih baik," ujar Aji Santoso pasca laga pamungkas Persela bertandang ke markas Madura United, 8 Desember lalu.

Dalam hematnya, memang ada sejumlah kesalahan dari wasit yang justru bersifat krusial di tengah jalannya laga. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya kontroversi berbentuk protes-protes yang dilakukan pemain, pelatih hingga ofisial tim. 

Aji pun sudah seringkali merasakan dampak dari kesalahan krusial dari pengadil lapangan hijau, dan bahkan berujung pada sanksi. 

Misalnya saat ia melancarkan protes kepada Wasit Adi Riyanto, lantaran mencabut kartu merah langsung kepada Loris Arnaud karena insiden sepele, yang berujung pada kekalahan 2-3 Persela dari Borneo FC pada 26 November yang lalu.

Sedangkan sanksi pernah diterimanya berupa denda Rp 10 juta dan larangan mendampingi tim di bench dalam satu laga karena dianggap melancarkan protes secara berlebihan saat Persela bertandang ke markas Perseru Serui pada 13 Mei 2016 silam. 

Maka dari itu, tidak heran jika ia ikut menyuarakan evaluasi yang benar-benar dijalankan secara maksimal oleh Komite Wasit. Termasuk dengan opsi mengganti sejumlah wasit yang kerap menghadirkan kontroversi dalam setiap memimpin laga.

"Tapi bukan ranah saya untuk mengomentari hal itu. Biar menjadi tugas Komite Wasit saja," tandas arsitek tim kelahiran Malang tersebut.

"Dan saya masih yakin, sebenarnya masih banyak juga wasit yang bagus. Yang memimpin pertandingan secara fair seusai aturan yang ada," pungkasnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

14