Liga Indonesia

Eks Persib: Timnas Indonesia U-22 Harus Clean Sheet di Piala AFF

Rabu, 9 Januari 2019 19:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suasana latihan pemain Timnas Indonesia U-22. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suasana latihan pemain Timnas Indonesia U-22.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Persib Bandung, Nova Ariyanto, yang kini menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia U-22 memberikan pujian untuk kualitas pemain belakang yang dipanggil dalam pemusatan latihan.

Nova mengatakan kombinasi pemain sepak bola muda dan yang telah berpengalaman berjalan baik dan bakal menjadi benteng kokoh di Piala AFF U-22 yang siap diikuti pada awal Februari 2019 mendatang.

"Kalau untuk saat ini rata-rata pemain dari 38 yang ada mempunyai kualitas cukup baik, tetapi mempunyai hal-hal yang perlu diperbaiki. Misalnya, bagaimana cara dia defense dan komunikasi. Itu yang mesti dibenahi," bukanya pada awak media berita sport.

"Komposisi sudah cukup baik mulai dari Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, bisa koordinasi dengan baik. Ada Bagas Adi juga, dan saya lihat mereka punya potensi yang baik. Dilihat dari postur sudah cukup baik," imbuh Nova.

Pada latihan, Rabu (09/01/19) pagi tadi di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Nova diberikan tugas khusus untuk membantu mengarahkan pemain belakang.

Ia menjelaskan tidak ada kesulitan berarti, sebab semua pemain sepak bola yang ada telah memiliki kemampuan yang baik, ditambah lagi dengan pengalaman bermain di kompetisi nasional.

"Tugas saya fokus di lini belakang. Semoga lini belakang Timnas jauh lebih baik lagi di Piala AFF nanti, seminimal mungkin kita enggak kemasukan," tuturnya.

"Potensi mereka cukup baik. Saya pikir yang terbaik. Jadi yang pasti itu jadi pekerjaan buat saya juga, dan saya tetap komunikasi dengan coach Indra Sjafri agar menyesuaikan filisofinya," lanjut Nova.

Khusus pemain belakang, Nova menerangkan ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Para pemain disebit harus bisa tepat waktu jika pengambilan keputusan, kemudian dilanjutkan terkait body shape dan posisi pemain dalam mode bertahan.

Saat ini, pada pemusatan latihan Januari ini, pelatih Indra Sjafri memangil sejumlah nama beken seperti Nurhidayat Haji Haris, Indra Mustafa, Samuel Christianson, Dallen Dolken, Dandi Maulana, Anan Lestaluhu, Febryan Wahyu, Andi Setyo dan lainnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM