Bola Internasional

Ini Janji Eks Sampdoria yang Dampingi Pemain Garuda Select U-16 di Inggris

Sabtu, 12 Januari 2019 11:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers acara Garuda Select Elite Pro Academy yang dihadiri Ratu Tisha dan legenda Chelsea, Dennis Wise. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers acara Garuda Select Elite Pro Academy yang dihadiri Ratu Tisha dan legenda Chelsea, Dennis Wise.

INDOSPORT.COM – Sejumlah 24 pemain sepak bola Indonesia U-16 akan terbang ke Inggris pada 15 Januari mendatang. Mereka akan menimba ilmu sepak bola selama enam bulan ke depan melalui program Garuda Select oleh PSSI.

Eks pemain Nottingham Forest dan Sampdoria, Desmond Sinclair Walker yang akan melatih Bagus Kahfi dan kawan-kawan selama berada di Inggris.

Pria yang akrab disapa Des Walker ini memang telah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak tahun 2004. Pemegang lisensi UEFA A tersebut lantas menjadi arsitek semua kelompok usia di akademi Derby, khususnya di tim U-16.

Menurut Walker, pemain di kelompok U-16 perlu dibangkitkan rasa keberanian dan hasrat untuk memenangi pertandingan.

“Setiap tahun sangat krusial, dan pembelajaran sepakbola di kelompok usia ini sangat penting. Ini di usia yang sangat bagus untuk mempelajari dasar permainan,” ucap Walker pada sesi konferensi peluncuran Garuda Select pada Kamis (10/01/19) lalu di Jakarta.

“Jika seorang pesepakbola mendapatkan dasar yang kuat, mereka akan mulai memahami permainan, dan bisa mempelajarinya secara spesifik seiring waktu berjalan,” tambahnya lagi.

Des Walker juga berjanji akan menempa anak-anak Indonesia yang dikirim ke Inggris agar dapat meraih prestasi lainnya, khususnya dalam agenda Piala AFF U-18 pada Juli 2019 mendatang.

“Semua orang sudah bekerja keras untuk mewujudkan ini untuk anak-anak Indonesia. Kami juga memberangkatkan empat pelatih muda Indonesia, semua bisa menjalani kehidupan sepakbola profesional Inggris di sana,” kata Walker.

Selain Walker, PSSI juga meminta empat pelatih Tanah Air untuk mendampingi tim sekaligus belajar teknik kepelatihan di Benua Eropa. Mereka adalah Bima Sakti, Ilham Romadhona, I Gde Mahatma, dan Sopian Hadi.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Timnas Indonesia Hanya di INDOSPORT.COM