Liga Inggris

Memalukan! Son Heung-min Disebut Jadi Korban Rasisme di Laga Tottenham vs Manchester United

Selasa, 15 Januari 2019 09:26 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Alex Morton/Getty Images
Son Heung-min (kanan) turut mencetak satu gol ke gawang Arsenal. Copyright: © Alex Morton/Getty Images
Son Heung-min (kanan) turut mencetak satu gol ke gawang Arsenal.

INDOSPORT.COM Tottenham Hotspur tengah melakukan penyelidikan atas kejadian pelecehan rasisme yang menimpa pemain sepak bolanya asal Korea Selatan, Son Heung Min saat laga kontra Manchester United di Stadion Wembley pada Minggu (13/01/19).

Menurut laman berita olahraga Sport Metro, seorang pendukung Tottenham yang juga seorang jurnalis, James Dickens, melalui akun Twitter-nya telah memberikan laporan insiden tersebut usai pertandingan berakhir.

Dalam laporannya, ia mengklaim bahwa pemain asal Korea Selatan Son Heung Min menjadi korban pelecehan rasis oleh pendukungnya sendiri.

“Saya belum pernah mengalami rasisme di sepak bola selama sekitar 15 tahun. Tetapi hari ini di Spurs mengerikan.”

Namun ketika ia mencoba melaporkan kejadian tersebut ke petugas lapangan, ia justru dimaki balik oleh pelaku dengan kata-kata kurang terpuji.

“Saya melaporkannya ke petugas, tetapi ia malah berkata kasar pada saya. Padahal saat itu saya berdiri di sebelah putra saya. Mengerikan,” lanjut Dickens dalam laporannya.

Laporan ini pun segera ditindaklanjuti dengan pertanyaan apakah pelecehan tersebut dilakukan oleh penggemar tuan rumah. Dickens kemudian membalasnya, ‘Ya dan mengarah ke Son (Heung Min).”

Insiden rasisme yang menimpa Son menjadi rangkaian pelecehan yang sebelumnya juga pernah menimpa striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang. Enam pekan lalu, Aubameyang dilempari kulit pisang saat kekalahan 2-4 Tottenham Hotspur dari Arsenal di Stadion Emirates.

Pelaku atas tindakan ini kemudian dihukum larangan datang ke pertandingan selama empat tahun dan dikenai denda sebesar 500 poundsterling atau Rp9,08 juta karena hakim menilai tindakan tersebut disengaja.

Son sendiri telah menjadi gelandang andalan Mauricio Pochettino sejauh musim ini. Ia menorehkan delapan gol dan lima assists dalam 17 pertandingan Premier League 2018/19.

Usai pertandingan melawan Setan Merah kemarin, Son langsung bergabung dengan Timnas Korea Selatan untuk bertugas di Piala Asia 2019. Artinya, Son akan melewatkan kunjungan Spurs ke Fulham pada Minggu (20/01/19) mendatang.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM