Bola Internasional

Tersingkir dari Piala Asia 2019, India Gagal Ciptakan Sejarah

Selasa, 15 Januari 2019 16:20 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© www.THE- AFC.com
Para pemain Timnas India merayakan gol mereka ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan pertama Piala Asia 2019. Copyright: © www.THE- AFC.com
Para pemain Timnas India merayakan gol mereka ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan pertama Piala Asia 2019.

INDOSPORT.COM - Timnas India harus meraih hasil mengecewakan dalam keikutsertaannya di Piala Asia 2019. Sebab, mereka gagal melangkah lebih jauh.

India menyudahi perjuangannya di babak penyisihan Grup A dengan menempati urutan keempat di klasemen akhir. Padahal, anak asuh Stephen Constantine sempat tampil mengesankan di awal-awal turnamen.

Mereka mampu membantai Thailand dengan skor 3-1, di laga perdana Grup A Piala Asia 2019. Namun, performa para pemain India menurun. Dalam dua laga sisa, mereka takluk dari 0-2 dari Uni Emirat Arab dan 0-1 dari Bahrain. 

Alhasil, mereka hanya mongoleksi tiga poin dan dipaksa harus angkat koper dari Abu Dhabi, UAE. Dengan kegagalan ini, India mengulang raihan dua putaran final sebelumnya yakni edisi 1984 dan 2011, di mana India gagal lolos dari fase grup.

Sejatinya, raihan terbaik India di Piala Asia terjadi pada tahun 1964 yang keluar sebagai runner-up. Namun, saat itu turnamen hanya diikuti empat negara (India, Hong Kong, Korea Selatan, dan Israel sebagai tuan rumah). 

Dan kompetisi hanya digelar dalam satu grup dengan format round-robin. Sementara Thailand yang mereka bantai, justru lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up grup A, usai meraih hasil imbang melawan UAE dengan skor 1-1.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT