Bola Internasional

Penalti 'Hantu' Warnai Laga Australia vs Suriah di Piala Asia 2019

Kamis, 17 Januari 2019 14:30 WIB
Editor: Isman Fadil
© AFC
Australia Suriah. Copyright: © AFC
Australia Suriah.

INDOSPORT.COM - Gelaran turnamen sepak bola antar negara di Asia, Piala Asia 2019 telah diwarnai keputusan kontroversial. Peristiwa tersebut terjadi di laga Australia vs Suriah, Selasa (14/01/19) kemarin.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Sheikh Khalifa, wasit Cesar Arturo Ramos memberikan penalti untuk Suriah pada menit ke-78, saat Australia unggul 2-1.

Keputusan tersebut diberikan setelah pemain Suriah, Al Somah kedapatan jatuh di dalam kotak penalti Australia. Menariknya, Somah justru jatuh karena dilanggar rekan setimnya sendiri.

Sontak penalti tersebut mengundang protes dari para pemain Australia. Namun sayang, wasit tetap pada pendiriannya untuk menunjuk titik putih. 

Al Somah yang menjadi eksekutor, menjalan tugasnya dengan baik, skorpun berubah jadi 2-2. Australia terancam tidak bisa lolos ke 16 besar saat itu.

Beruntung dewi fortuna berpihak kepada The Socceroos. Tom Rogic mencetak gol kemenangan untuk Australia pada menit injury time babak kedua, tepatnya menit ke-90+3. Suriah pun takluk dengan skor 3-2.

Tambahan tiga poin membuat Australia lolos ke babak 16 besar, dengan koleksi enam poin. Di fase gugur, mereka akan berhadapan dengan runner-up Grup F antara Uzbekistan atau Jepang.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.COM