Liga Indonesia

Berlatih Seminggu, PSM Makassar Ternyata Masih Punya Kelemahan Fatal

Rabu, 23 Januari 2019 08:45 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Suasana latihan PSM Makassar di Stadion Mattoanging, Sabtu (19/01/19). Copyright: © Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Suasana latihan PSM Makassar di Stadion Mattoanging, Sabtu (19/01/19).

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih klub sepak bola PSM Makassar, Imran Amirullah menilai lini pertahanan anak buahnya belum kompak seperti yang diharapkan. Selain itu, lini tengah juga dianggap belum maksimal.

Setelah satu pekan lebih berlatih sekaligus uji tanding, Imran menilai jika para pemainnya masih lemah dalam hal organisasi permainan tim.

Ia berharap agar anak asuhnya bisa bermain kompak sebagai sebuah tim sepak bola. Terkhusus pemain baru, Imran ingin agar mereka cepat beradaptasi.

"Secara skill dan individu cukup bagus tapi mereka orang baru masih perlu penyesuaian. Standar bermain di PSM itu sudah ada, jadi mereka harus menyesuaikan dengan cepat," ujarnya pada awak media berita sport, Selasa (22/01/19).

Imran menambahkan bahwa tujuan digelarnya ajang uji coba melawan tim sepak bola  lokal adalah untuk melihat pola kerja sama antar lini.

"Kita mau membentuk satu kerja sama tim. Kita mau lihat bagaimana ketika bertahan, bagaimana rotasi gelandang, dan bagaimana penyerang melakukan improvisasi membuat peluang," ungkapnya.

Dari hasil penilaian sementara, Imran mengakui jika lini pertahanan Juku Eja belum sesuai ekspektasi. Namun menurutnya, hal itu tak lepas dari banyaknya pemain sepak bola baru yang masuk ke dalam komposisi lini tersebut.

"Di belakang ini ada beberapa yang baru. Seperti Taufik, Evans, dan termasuk Benny nantinya. Mereka itu baru jadi kita mau mereka cepat memahami bagaimana organisasi kekompakan bertahan."

"Kalau dibilang kekurangan, yah bisa dibilang masih banyak kekurangan dalam organisasi pertahanan," ujar mantan pemain PSIS Semarang ini.

Sementara untuk lini tengah, yang memang masih dihuni wajah lama. Seperti, Marc Klok, Rizky Pellu, dan Wiljan Pluim dianggap belum dalam tahap top performa. Ia berharap ke depannya organisasi lini tengah bisa semakin meningkat.

"Untuk midfielder, meskipun pemainnya masih sama musim lalu tapi terlihat masih perlu dipatenkan lagi soal sentuhan antar pemain," pungkasnya.

Sekadar informasi, PSM Makassar sebentar lagi akan menghadapi leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia. Mereka dijadwalkan bertemu dengan Kalteng Putra pada Sabtu (26/01/19) mendatang.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM