Liga Indonesia

3 Syarat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI Bisa Dilaksanakan

Kamis, 24 Januari 2019 06:11 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Juni Adi
© Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Logo Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Copyright: © Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Logo Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

INDOSPORT.COM - Tubuh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) saat ini tengah diterpa masalah pelik. Upaya terakhir untuk melakukan revolusi adalah dengan melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB).

PSSI saat ini telah ditinggal Ketua Umumnya, Edy Rahmayadi yang menyatakan mundur dalam Kongres PSSI tahunan di Bali beberapa waktu lalu. Wakil Ketua Umum, Joko Driyono pun mengemban tugas baru yakni Plt Ketum PSSI.

Didapuknya Joko Driyono, sebagai Plt Ketum PSSI, ternyata membuat publik semakin hilang kepercayaannya pada PSSI. Bahkan para netizen sampai membuat tagar #JokDriOut di lini massa Twitter.

Ketidak kepercayaan publik juga datang dari maraknya anggota PSSI yang diduga terlibat dalam praktik match fixing, diantaranya bahkan sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Satgas Antimafia Sepak Bola.

Sehingga desakan untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pun semakin lantang, baik dari anggotanya (voters) maupun kalangan suporter. Salah satunya adalah manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekjen PSSI Azwan Karim (tengah), Plt Ketua Umum PSSI Hinca Pandjaitan beserta para anggota Exco memimpin diselenggarakannya KLB PSSI. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSekjen PSSI Azwan Karim (tengah), Plt Ketua Umum PSSI Hinca Pandjaitan beserta para anggota Exco memimpin diselenggarakannya KLB PSSI.

"Saya sangat setuju adakan KLB. Ya, itu lebih baik dan akan ada pencerahan membuang orang-orang luka-luka lama. Begitu saja," beber Umuh melalui sambungan telepon dalam program acara Mata Najwa bertema 'PSSI Bisa Apa Jilid 3: Saatnya Revolusi," Rabu (23/01/19) kemarin.

Selain dari Umuh, tuntutan agar terselenggarakannya KLB juga datang dari Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DKI Jakarta, Uden Kusuma Wijaya pasca datang Kongres PSSI di Bali.

"Saya kira itu (KLB) harus diajukan demi pembaruan PSSI. Tak ada jalan keluar lain," tutur Uden, Minggu (20/01/19).

Meski begitu untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) tentu ada syarat yang mesti dilakukan. Lantas apa saja syarat tersebut agar bisa terlaksananya KLB?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%