Liga Indonesia

Liga Amatir Bandung Ikuti Thailand dan Vietnam Gunakan VAR, Liga 1 Kapan?

Selasa, 29 Januari 2019 08:18 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Bandung Premier League
Bandung Premier League sudah menggunakan VAR Copyright: © Bandung Premier League
Bandung Premier League sudah menggunakan VAR

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia dikejutkan dengan kabar terbaru dari kompetisi amatir. Yakni Bandung Premier League baru saja menggunakan teknologi Video Assistan Referee (VAR).

Kompetisi amatir yang pertama mencatatkan dirinya sebagai pengguna VAR ini, diikuti sebanyak 16 klub amatir, yang setiap pekannya memainkan pertandingan.

Seperti yang ditulis dalam akun resmi Instagram Bandung Premier League, penggunaan VAR ini dimulai sejak pekan ke-7, yaitu pada tanggal 20 Januari 2019 lalu.

Tidak hanya percobaan, penggunaan VAR ini juga diakui CEO Bandung Premier League, Doni Setiabudi. Menurutnya, gebrakan ini bertujuan untuk bersaing dengan liga-liga profesional Asia Tenggara.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

BANDUNG MEMBUAT SEJARAH DI INDONESIA DAN ASIA Pertama di Indonesia Sebuah Liga Komunitas Amatir mencoba Menggunakan VAR ( Video Assistant Referee ) Teknologi yang membantu kinerja Wasit ini sebelum nya sudah digunakan di Eropa. “Kita walaupun kelas Liga Amatir tetapi pengelolaan Liga akan dibuat secara Profesional dan Canggih, Keterbatasn Kami bukan menjadi Kendala untuk bisa bersaing dengan Thailand dan Vietnam”Ujar CEO BPL -7ALU- Semoga Langkah positif ini bisa membantu perkembangan sepakbola Bandung dan Indonesia bisa lebih Maju lagi. Terkadang Butuh Kegilaan untuk sebuah kesuksesan. 🙏BISMILLAH🙏 @bandungpremierleague #liganyaorangbandung

A post shared by Bandung Premier League (@bandungpremierleague) on

"Kita walaupun kelas Liga Amatir tapi pengelolaan Liga akan dibuat secara profesional dan canggih. Keterbatasan kami bukan menjadi kendala untuk bisa bersaing dengan Thailand dan Vietnam," ucap CEO Bandung Premier League di akun Instagram resmi.

VAR sendiri adalah teknologi yang bertujuan untuk membantu wasit dalam pengambilan keputusan atas pelanggaran-pelanggaran yang terjadi saat pertandingan. 

Kompetisi sepak bola tertinggi antar negara di seluruh dunia, Piala Dunia 2018 pun sudah menerapkan penggunaan VAR selama kompetisi pada Juni 2018 lalu.

Sementara untuk kancah Asia, Piala Asia 2019 yang sedang berlangsung juga mulai menerapkan VAR untuk membantu wasit. Lalu, penggunaan VAR untuk Liga 1 2019 kapan mulai dilakukan?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%