Liga Indonesia

Darije Kalezic Resmi ke PSM Makassar, Aroma ‘Perang Balkan’ Semakin Kuat di Liga 1 2019

Minggu, 3 Februari 2019 11:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images / Grafis: INDOSPORT
Darije Kalezic, pelatih asal Bosnia yang dirumorkan melatih PSM Makassar di Liga 1 2019. Copyright: © Getty Images / Grafis: INDOSPORT
Darije Kalezic, pelatih asal Bosnia yang dirumorkan melatih PSM Makassar di Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Kedatangan Darije Kalezic sebagai arsitek baru PSM Makassar menambah deretan pelatih asing yang akan mewarnai kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019. Tak hanya sebagai pelatih biasa, hadirnya Kalizec juga menambah persaingan antara pelatih asal negara-negara Balkan.

Sebagaimana diketahui jika Darije Kalezic merupakan pelatih berpengalaman asal Bosnia-Herzegovina. 12 tahun menekuni karir sebagai pelatih, Kalezic sukses membawa klub asal Belanda, De Graafschap juara Liga 2 dan promosi ke kasta tertinggi musim 2010/11.

Malang melintang di berbagai klub Eropa, Kalezic lantas mencoba peruntungan hijrah ke Indonesia dan menukangi PSM Makassar yang akan berlaga di Piala AFC 2019.

Tak sendiri, Kalezic merupakan pelatih kedua di Liga 1 yang didatangkan dari Bosnia. Sebelumnya Arema FC telah memboyong pelatih berpengalaman yang juga sudah malang melintang di Liga Indonesia, yakni Milomir Seslija asal Bosnia.

Secara pengalaman, tentu pelatih yang akrab disapa Milo tersebut lebih unggul atas Kalezic. Milo sudah memulai karier sebagai pelatih sejak tahun 2001, dan hijrah ke Indonesia pada tahun 2011. Saat itu ia menukangi Arema Indonesia dan sukses memboyong trofi pramusim.

Milomir Seslija juga sempat menjadi direktur teknik Barito Putera, kemudian melatih Persiba Balikpapan, sebelum akhirnya menukangi Madura United dan kembali berlabuh ke Arema FC.

94