Liga Italia

Efek Ronaldo, Juventus Kian Populer di China

Rabu, 6 Februari 2019 15:40 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© GettyImages
Cristiano Ronaldo, pemain megabintang Juventus. Copyright: © GettyImages
Cristiano Ronaldo, pemain megabintang Juventus.

INDOSPORT.COM - Kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid telah membuat popularitas Juventus di China semakin meroket bahkan penggemar Bianconeri meningkat hampir 70 persen.

Bersama Juventus, Ronaldo telah mencetak 17 gol dalam 22 pertandingan Serie A. Di luar lapangan, pemain sepak bola berusia 34 tahun itu telah membuat dampak ekonomi bagi Juventus di China.

Ketika Ronaldo resmi pindah Juli tahun lalu, pengikut Juventus di Weibo bertambah hingga 308 ribu. Minat tersebut tak berkurang meski Ronaldo sempat tersandung kasus dugaan perkosaan.

Kepala petugas pendapatan Juventus, Giorgio Ricci seperti dikutip dari RTE mengatakan Ronaldo menjadi idola di China tak peduli klub mana yang ia bela.

"Keberhasilan Ronaldo di China tidak hanya terkait dengan penampilannya di lapangan dan prestasi selama bertahun-tahun. Ia memiliki pengaruh yang lebih kuat pada penggemar daripada tim,” ungkap Ricci.

Keuntungan Juventus adalah kerugian Real Madrid di China, yang bersama dengan Amerika Serikat merupakan pasar luar negeri utama bagi klub-klub sepak bola Eropa.

Madrid mungkin telah memenangkan Liga Champions musim lalu, tetapi mereka ditinggalkan sekitar 8.000 pengikut di media sosial paska kepergian Ronaldo.

“Ronaldo, bersama dengan Lionel Messi telah memenangkan Ballon d'Or sebanyak lima kali. Itu cara yang efektif untuk membangun citra diri yang kuat di China," kata Ricci.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Italia Lainnya Hanya di INDOSPORT