Liga Champions

UEFA Pertimbangkan Hapus Aturan Gol Tandang di Liga Champions

Jumat, 8 Februari 2019 20:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Caption Copyright: © Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Caption

INDOSPORT.COM – Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) tengah mempertimbangkan untuk menghapuskan gol tandang di sejumlah kompetisi, termasuk Liga Champions yang mereka selenggarakan. Mereka berencana menghapus poin tambahan dari gol yang dicetak di tandang.

Pada aturan sebelumnya, kompetisi papan atas seperti Liga Champions, Liga Europa dan UEFA Nations League menerapkan dua leg pertandingan, di mana gol di kandang lawan akan mendapatkan poin tambahan.

Aturan tersebut sepertinya tidak bisa diterima dengan baik oleh sejumlah pelatih klub di Eropa. Dilansir dari laman AS.com, UEFA pun siap untuk mengapuskan aturan tersebut.

Protes untuk menghapus aturan tersebut pernah disuarakan oleh pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, tahun lalu.

“Saya tidak mengerti mengapa di leg kedua, tim memiliki waktu tiga puluh menit untuk mencetak gol yang nilainya lebih dari yang Anda cetak di kandang,” kata Diego Simeone dalam acara Forum Pelatih Klub Elite UEFA, September lalu.

Pelatih asal Argentina itu pun mengajak rekan sesama pelatih, termasuk Carlo Ancelotti (Napoli) dan Thomas Tuchel (PSG) untuk mengajukan keberatan soal aturan tersebut.

Kini, sepertinya tuntutan mereka didengar oleh UEFA. Dihapusnya aturan ini tentunya bisa memengaruhi taktik yang dibangun antara pelatih dan para pemain menjelang pertandingan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

94