Liga Indonesia

Sudah Umur 39 Tahun Masih Tampil Bugar Bersama Persija, Ini Rahasia Ismed Sofyan

Selasa, 19 Februari 2019 15:46 WIB
Editor: Juni Adi
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Pemain senior Persija, Ismed Sofyan pada laga sore hari tadi Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Pemain senior Persija, Ismed Sofyan pada laga sore hari tadi

INDOSPORT.COM - Bagi para pemain sepak bola, tidak banyak yang mampu menjaga konsistensi permainan maupun kebugarannya jika sudah memasuki usia mulai dari 30 hingga 40-an, selain seorang kiper.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi kapten Persija Jakarta, Ismed Sofyan. Bek berusia 39 tahun itu tetap tampil prima bersama Macan Kemayoran, di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia, bahkan di level Asia.

Dilansir dari laman resmi Persija, Ismed mengaku kebugaran fisiknya tidak ada rahasia khusus. Ia hanya menerapkan pola hidup sehat dan latihan yang disiplin.

"Gak ada resep kok latihan yang disiplin atur pola hidup dengan baik. Aku pikir fisik itu tergantung pola hidup kita memantainancenya. Sekali lagi tidak ada resep apalagi menggunakan suplemen," ujar Ismed.

Meski tubuhnya sudah dimakan usia, namun pria asal Aceh itu belum mau perpikir untuk pensiun meski sudah mengantarkan Persija juara Liga 1 2018 lalu.

"Saya pikir saya masih konsisten, saya masih mampu. Kenapa saya katakan itu? Karena saya masih punya motivasi, punya keinginan besar untuk bermain bola," ungkapnya.

"Saya berharap untuk pemain muda yang ada di Persija ini jangan puas, jangan lupa kerja keras, karena tanpa kerja keras, kita tidak akan jadi apa-apa. Karena nanti, pemain muda ini adalah yang akan menjadi penerus Persija," tukasnya.