Bola Internasional

Kenapa Orang Amerika Menyebut Sepak Bola sebagai Soccer, Bukan Football?

Senin, 25 Februari 2019 05:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INTERNET
Caption Copyright: © INTERNET
Caption

INDOSPORT - Apakah Anda tahu ada berapa negara yang menggunakan bahasa Inggris? Ya! Di dunia, ada 18 negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. 

Namun, ada negara yang menggunakan standar bahasa Inggris dari Inggris Raya dan ada pula negara yang menggunakan standar bahasa Inggris dari Amerika Serikat.

Lalu, kira-kira mengapa sepak bola disebut soccer di Amerika? Mari kita lihat seperti apa sejarahnya.

Permainan sepak bola sendiri sudah ada selama berabad-abad di berbagai negara. Di tahun 1863, Asosiasi Sepak Bola Inggris membuat beberapa aturan. Saat itu ada juga olahraga rugby football yang memiliki aturan berbeda. 

Kemudian, permainan sepak bola yang dimainkan dengan aturan dari Asosiasi Sepak Bola, mulai disebut association football. Hal ini agar membuatnya berbeda dari olahraga football yang lainnya.

Rupanya di zaman dulu, di Inggris juga ada olahraga yang namanya soccer. Lama-kelamaan, nama ini berubah menjadi soccer. 

Namun kedatangan sepakbola di Amerika Serikat menyebabkan masalah. Pada akhir abad ke -19 sudah ada olahraga lain yang disebut 'Football', campuran Rugby dan Sepak Bola seperti yang dikenal di Inggris.

Pada tahun 1910, di Amerika istilah football pun jadi diubah menjadi soccer. Namun keduanya punya arti yang sama. Jadi tidak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan salah satunya. 

Sebagai informasi, AS bukanlah satu-satunya negara yang menggunakan kata 'Soccer'. Kanada, Jepang dan Australia juga menggunakannnya dan tim Australia bahkan dijuluki 'The Socceroos'.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%