Liga Indonesia

Vennard Hutabarat Tanggapi Maraknya Pemain Naturalisasi di Indonesia

Senin, 25 Februari 2019 17:15 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Empat pemain naturalisasi asal Nigeria Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Empat pemain naturalisasi asal Nigeria

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Timnas futsal Indonesia, Vennard Hutabarat, melihat bahwa banyaknya pemain asing yang pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia merupakan hal yang sah terjadi.

Dia menilai banyaknya pemain asing yang ingin dinaturalisasi karena mereka ingin bermain di Liga Indonesia tanpa harus terpaku pada regulasi kuota pemain asing.

“Pemain naturalisasi juga menjadi fenomena yang banyak terjadi begitu pula di luar negeri, jadi itu memang sah-sah saja,” ucap Veve kepada INDOSPORT saat ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (24/2/19).

“Mungkin banyaknya pemain asing yang ingin dinaturalisasi karna kuota setiap tim di dalam kompetisi Liga Indonesia kan sedikit, paling dua sampai tiga pemain aja."

"Kalaupun dia tidak masuk Timnas tujuan lainnya pasti ingin lama berkarir di Indonesia. Contohnya Cristian Gonzales, sampai usia 40 tahun bisa main dibanyak klub Indonesia,” tutupnya.

Saat ini sudah ada empat nama pemain naturalisasi yang dipanggil ke dalam skuat senior tim nasional Indonesia oleh pelatih Simon McMenemy. Mereka adalah Otavio Dutra, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, dan Illija Spasojevic.

Penulis: Risto Risanto

Baca berita sepak bola Indonesia dan olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

116