Liga Indonesia

Digelontor Rp300 Miliar, Ini Progres Renovasi 'Mini SUGBK' di Solo

Selasa, 26 Februari 2019 18:54 WIB
Penulis: Ronald Seger Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger/INDOSPORT
Progres pembangunan Stadion Manahan. Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Progres pembangunan Stadion Manahan.

INDOSPORT.COM - Pengerjaan renovasi Stadion Manahan, Solo terus dilakukan. Stadion yang terletak di pusat Kota Solo itu memang mendapat gelontoran dana sebesar Rp300 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) untuk renovasi.

Stadion yang juga markas klub sepak bola Persis Solo tersebut dirombak di sejumlah hal mulai pemasangan atap mengelilingi seluruh tribun, pemasangan single seat, perbaikan rumput, hingga lintasan lari yang dikerjakan PT Adhi Karya.

Proses renovasi sudah dimulai Agustus tahun lalu dan ditargetkan selesai akhir tahun ini. Awak media berita olahraga di Kota Solo termasuk INDOSPORT mendapat kesempatan untuk menengok progres pembangunan stadion yang dijuliki Mini Gelora Bung Karno (GBK) tersebut.

Project Engineering Manager PT Adhi Karya, Muntohar memaparkan, proses renovasi sendiri saat ini masih berjalan sesuai rencana. Bahkan progresnya lebih cepat dari target awal.

"Sekarang proses revitalisasinya sudah mencapai 35 persen, atau 10 persen lebih cepat dari target awal. Targetnya memang akhir tahun ini stadion sudah bisa digunakan," ungkap Muntohar kepada awak media.

© Ronald Seger/INDOSPORT
Progres pembangunan Stadion Manahan Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTProgres pembangunan Stadion Manahan.

Dia menjelaskan, proses renovasi stadion sepak bola tersebut memakan waktu selama 407 hari kalender dan dengan masa pemeliharaan selama 180 hari kalender.

Awalnya, target proyek revitalisasi Stadion Manahan selesai akhir September 2019. Tetapi, karena adanya sejumlah perubahan desain, maka target juga mundur hingga akhir tahun.

© Ronald Seger/INDOSPORT
Progres pembangunan Stadion Manahan Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTProgres pembangunan Stadion Manahan.

"Memang ada beberapa perubahan desain. Seperti penambahan struktur untuk penguatan atap, perubahan di tribun, dan juga untuk perawatan rumput."

"Namun, setelah September atau saat masa pemeliharaan, stadion sudah bisa digunakan untuk uji coba dan sebagainya," tutupnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%