Liga Indonesia

Prestasi Timnas U-22 Jadi Indikator Kesuksesan Pembinaan Usia Dini Barito Putera

Rabu, 27 Februari 2019 10:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

INDOSPORT.COM - Barito Putera ikut bangga terhadap prestasi yang diraih tim nasional Indonesia U-22 di Piala AFF 2019. Tim Garuda Muda mencatatkan sejarah dengan memenangi trofi juara setelah menaklukkan Thailand di laga final, Selasa (26/2/19) semalam.

Perasaan bangga Barito tak terlepas dari keberadaan dua penggawa terbaiknya di timnas U-22, yakni Rafi Syaharil (gelandang) dan Muhamad Riyandi (kiper), yang ikut berkontribusi atas kesuksesan di Piala AFF 2019.

"Tentu kami ikut bangga dengan keberadaan mereka di skuat timnas U-12. Barito bangga bisa menciptakan pemain dengan kepribadian yang baik," ucap pelatih Jacksen F. Tiago.

"Kami mampu mengorbitkan pemain muda seperti Rafi. Sebelumnya juga ada Dandi Maulana yang pernah dipanggil ke tim nasional," katanya lagi.

Kontribusi ini menyiratkan bahwa program pembinaan Barito sudah cukup sukses. Mereka sudah konsisten mengirimkan pemain-pemain terbaik ke skuat tim nasional dalam beberapa kategori usia, mulai dari U-19, U-22, hingga senior, dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu juga sesuai visi maupun misi tim Barito Putera yang memang tengah fokus menggalakkan pembinaan pemain usia dini.

"Pak Hasnuryadi (CEO Barito) beberapa waktu lalu pernah mengatakan bahwa Barito dibangun untuk bangsa. Andaikan tim ini bisa mengirim pemain ke timnas, tentu itu menjadi prestasi tersendiri," ujarnya.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT