Liga Indonesia

2 Bintang Dipanggil Timnas Indonesia, Pelatih PSM Makassar Akui Terbebani

Sabtu, 2 Maret 2019 18:30 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSM Makassar
Tim PSM Makassar melakukan uji coba lapangan di Stadion Jalan Besar, Singapura. Copyright: © PSM Makassar
Tim PSM Makassar melakukan uji coba lapangan di Stadion Jalan Besar, Singapura.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar harus menerima kenyataan ditinggalkan dua pilarnya, yakni M. Rahmat dan Rizky Pellu. Kedua pemain sepak bola andalan PSM Makassar itu mendapat panggilan dari pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy.

Rahmat dan Pellu akan mengikuti Traning Camp (TC) Timnas Indonesia di Bali dan Australia. Keduanya akan bergabung mulai 6 Maret hingga 25 Maret 2019mendatang.

Di sisi lain, PSM memiliki pertandingan penting di turnamen Piala AFC 2019, yaitu menjamu menjamu Lao Toyota di Stadion Pakansari pada 13 Maret 2019.

Namun Rahmat dan Pellu tampaknya berpeluang tampil membela Pasukan Ramang saat melawan wakil Negara Laos tersebut. Sehingga, Juku Eja tetap bisa tampil full team.

Harapan itu muncul setelah PSSI (induk tertinggi bola Indonesia) menunjukkan isyarat bakal memberikan kelonggaran kepada dua pemain inti PSM tersebut.

"Kami harus menemukan win-win solution untuk hal ini," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha beberapa waktu lalu.

Tisha mengaku jika Timnas Indonesia membutuhkan skuat terbaik untuk menjalani laga uji kalender FIFA kontra Myanmar pada (25/03/19) nanti. Akan tetapi ia juga tak menampik bahwa laga PSM di Piala AFC juga membawa nama negara Indonesia di kompetisi Asia.

"Kami akan melihat seperti apa kesepakatan yang ada. Tapi kalaupun bisa memperkuat klub, mungkin yang bisa dilepas hanya dua atau tiga pemain saja,”ungkapnya.

Pellu dan Rahmat memang pemain penting di skuad Juku Eja. Bergabungnya kedua pemain ini tentu sangat berpengaruh terhadap permainan PSM vs Lao Toyota nanti.

Khusus Rahmat, peran pemilik nomor punggung 11 ini cukup sentral di skuad Juku Eja. Ya, setidaknya dalam dua musimel terakhir belum ada winger lain yang dapat menggantikan perannya di sisi sayap Juku Eja.

Adapun alternatif lain seperti Bayu Gatra, Guy Junior dan Zulham Zamrun dianggap kurang mampu menyamai peran Rahmat. Itu juga bisa filihat alnya pada laga imbang melawan Home United beberapa hari llalu.

Pasca keluarnya Rahmat, sisi sayap PSM mengalami kebuntuan alhasil skor 1-1 pada laga itu bertahan hingga menit akhir. Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic sendiri mengakui jika dipanggilnya kedua anak asuhnya itu akan berpengaruh terhadap timnya.

"Kita tidak mempunyai pemain banyak seperti beberapa klub sepak bola di Indonesia. Kalau misalnya kita kehilangan dua pemain yang berada di line up, tentu saja ini kerugian bagi tim," ujarnya.

Selain PSM Makassar, wakil Indonesia lainnya, Persija Jakarta juga mengalami nasib yang sama. Tiga pemain penting Macan Kemayoran juga ikut dipanggil mengikuti pemusatan latihan. Mereka adalah Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, dan Novri Setiawan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
100%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%