Bola Internasional

Riset Menunjukkan Cristiano Ronaldo 'Kebal' Terhadap Tekanan Mental Saat Pertandingan

Minggu, 3 Maret 2019 16:57 WIB
Penulis: Bagas Rahadian | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Julukan robot sepak bola barangkali memang pantas disandangkan ke seorang Cristiano Ronaldo. Baru-baru ini, salah satu riset membuktikan jika Ronaldo kebal terhadap tekanan saat turun dalam pertandingan.

Dilansir dari situs berita sport, Sportbible, dalam sebuah penelitian oleh perusahaan analisis olahraga SciSports, didapati temuan bahwa winger Juventus itu merupakan pesepakbola dengan ketahanan mental paling stabil khususnya saat menghadapi tekanan dalam pertandingan. 

Hal tersebut menandakan bahwa Ronaldo tidak akan sama sekali terpengaruh dengan gangguan yang berasal baik dari dalam maupun luar dirinya saat tengah menunaikan tugasnya di lapangan hijau. 

Selain Ronaldo, terdapat nama striker Manchester City, Sergio Aguero, yang bisa dikatakan 'imun' terhadap tekanan baik dalam situasi apapun.

Namun, secara mengejutkan pemain papan atas seperti Neymar dan Eden Hazard tidak termasuk dalam kategori pemain yang memiliki ketahanan mental yang baik saat bertanding.

Menurut Jan van Haaren yang merupakan analisit riset tersebut, penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu dikatakan buruk dalam mengambil keputusan saat berada di bawah tekanan permaianan. 

Sementara, Hazard juga disebut mudah terpengearuh oleh tekanan dan rentan mengambil keputusan yang keliru saat tengah mengendalikan bola. 

Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.COM

409